Museum Kailasa, Koleksi Benda Purbakala Di Dieng

Museum Kailasa, Koleksi Benda Purbakala Di Dieng
4 (80%) 1 vote

Museum Kailasa merupakan satu-satunya museum yan dibangun di Dataran Tinggi Dieng yang berisikan koleksi benda prubakala yang ditemukan di kawasan tersebut. Keberadaannya melengkapi daya tarik wisata purbakala yang telah lama dibuka yaitu Kompleks Candi Dieng.

Museum Kailasa terletak di desa Dieng Kulon, kecamatan Batur, kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Lokasi Museum Kailasa Dieng terletak di bawah Bukit Pangonan atau berdekatan dengan Situs Candi Gatotkaca. Akses menuju ke museum ini cukup mudah karena berada di jalur wisata yang menghubungkan antara Situs Gangsiran Aswatama dengan Kompleks Candi Dieng dan Kawah Sikidang. Kendaraan pengunjung dapat diparkir di area parkir Candi Gatotkaca dan Kompleks Candi Arjuna Dieng.

Asal usul nama Museum Kailasa berasal dari nama salah satu gunung tempat tinggal Dewa Siwa (Syiwa). Nama tersebut digunakan karena situs candi dan arca yang ditemukan di kawasan Dataran Tinggi Dieng identik dengan pemujaan terhadap Dewa Siwa. Museum Kailasa diresmikan pada tanggal 28 Juli 2008 oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia Ir Jero Wacik.

Secara keseluruhan Museum Kailasa Dieng dapat menjadi wisata pelengkap dari wisata candi di Dataran Tinggi Dieng. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat