Museum Geospasial Gumuk Pasir Parangtritis

Museum Geospasial Gumuk Pasir merupakan museum sekaligus laboratorium yang berfungsi sebagai tempat riset dan menyimpan informasi mengenai daerah pesisir pantai dan fenomena alam langka yaitu gumuk pasir langka. Gumuk Pasir Barchas yang langka ini hanya ditemukan di dua tempat di dunia yaitu di Indonesia (Pantai Depok) dan Meksiko.

Museum Geospasial Gumuk Pasir atau bernama lain Laboratorium Geospasial Pesisir Parangtritis beralamat di dusun Depok, desa Parangtritis, kecamatan Kretek, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Bangunan Utama Laboratorium Geospasial Pesisir Parangtritis Bantul

Museum Geospasial Gumuk Pasir berada di area gumuk pasir yang berdekatan dengan kawasan Pantai Depok Bantul. Rute menuju museum ini dari pusat kota Yogyakarta ke arah selatan melewati Jalan Parangtritis. Tepat sebelum gerbang retribusi masuk Pantai Parangtritis ada pertigaan kecil yang mengarah ke Pantai Depok. Pilih jalan ke arah kanan menuju ke Pantai Depok dan tepat sebelum gerbang masuk Pantai Depok hingga menemui monumen Laboratorium Geospasial Pesisir Parangtritis. monumen tersebut berada sebelum gerbang retrbusi masuk Pantai Depok. Pilihlah jalan ke arah kiri melewati jalan kecil dan tidak lama kemudian tiba di kawasan Museum Geospasial Gumuk Pasir.

Museum Geospasial Gumuk Pasir terdiri dari bangunan utama berbentuk kerucut dan beberapa bangunan pendukung. Bangunan berbentuk kerucut terdiri dari ruang pamer, ruang mini teater pusat teropong udara. Pengunjung yang ingin mengunjungi museum dan laboratorium ini harus mengajukan surat permohonan terlebih dahulu karena tempat ini tidak terbuka untuk umum. Rata-rata pengunjung museum ini berasal dari instansi atau lembaga pendidikan seperti sekolah dan universitas. Diharapkan untuk kedepannya museum ini dibuka untuk umum agar masyarakat lebih mengenal tentang fenomena langka gumuk pasir yang berada di selatan wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta ini. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Bakmi Jawa Pak M, Racikan Dari Tangan Pertama Di Bintaran Yogyakarta
INFORMASI
Museum Geospasial Gumuk Pasir (Laboratorium Geospasial Pesisir Parangtritis)
Dusun Depok, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta
Telp: (0274) 7101776
E-mail: lab_geopesisir@yahoo.com

Kirim pendapat