Monumen Yos Sudarso, Monumen Di Depan Gedung DPRD Tegal

Monumen Yos Sudarso merupakan salah satu monumen yang dibangun di pusat kota Tegal. Monumen ini didirikan sebagai penghormatan bagi para pahlawan yang gugur dalam Pertempuran Laut Aru tanggal 15 Januari 1962. Kota Tegal dipilih menjadi salah satu tempat dibangun monumen tersebut karena kota ini merupakan cikal bakal berdirinya Pendidikan Angkatan Laut.

Monumen Yos Sudarso beralamat di Jalan Pemuda, desa Tegalsari, kecamatan Tegal Timur, kota Tegal, Jawa Tengah 52111.

Lokasi Monumen Yos Sudarso berada di Taman Balai Kota Lama Tegal tepatnya di depan gedung DPRD Kota Tegal atau berfungsi sebagai Balaikota Tegal. Cukup mudah menemukan monumen ini karena dekat dengan akses jalan dari Pantura dan jalan satu arah menuju pusat kota Tegal.

Monumen Yos Sudarso dibangun pada tahun 1968 dan diresmikan pada tanggal 15 Januari 1969 oleh Deputi Khusus, Laksamana Muda Laut Suharno bertepatan dengan peringatan Hari Dharma Samudera. Perancang monumen ini yaitu seorang seniman bernama Saptohoedojo berasal dari Yogyakarta. Desainnya mirip seperti piramida yang terpenggal dengan bagian atas terdapat patung Yos Sudarso bercat emas. Posisi patung menghadap ke arah utara atau mengarah ke Laut Jawa. Saat ini kondisi Monumen Yos Sudarso cukup terawat dengan baik dan bersih dari corat-coret dinding. Secara keseluruhan Monumen Yos Sudarso dapat menjadi pilihan city tour atau wisata keliling kota di kota Tegal. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Monumen Syuhada Fisabilillah Kauman Darussalam Yogyakarta
INFORMASI
Monumen Yos Sudarso
Jl. Pemuda, desa Tegalsari, kecamatan Tegal Timur, kota Tegal, Jawa Tengah 52111

Kirim pendapat