Monumen Syuhada Fisabilillah Kauman Darussalam Yogyakarta

Monumen Syuhada Fisabilillah Kauman Darussalam Yogyakarta merupakan monumen yang dibangun untuk mengenang jasa pahlawan yang gugur dalam pertempuran mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Pahlawan atau pejuang yang tercantum dari monumen ini khusus berasal dari kampung Kauman Yogyakarta saja dan pada rentang tahun 1945 hingga 1949.

Monumen Syuhada Fisabilillah Kauman Darussalam berada di kampung Kauman, kelurahan Ngupasan, kecamatan Gondomanan, kota Yogyakarta.

Bangunan Monumen Syuhada Fi Sabilillah Kauman Darussalam Yogyakarta

Lokasi Monumen Syuhada Fisabilillah Kauman Darussalam berada di sebelah utara pagar keliling Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta atau di pinggir jalan di tengah-tengah perkampungan penduduk. Cukup mudah menemukan monumen ini karena keberadaanya cukup mencolok dan berada di pojok sebuah taman kecil.

Nama-nama para pahlawan dari kampung Kauman Yogyakarta atau para syuhada yang tercantum dalam monumen tersebut antara lain:

  1. Moh. Wardani
  2. Abu Bakar Alie
  3. Djumidi
  4. Moh. Djirhas
  5. Moh. Daroni
  6. Alip
  7. Djumairi
  8. Ardani
  9. Syamsudin
  10. Arsyam
  11. Djaidun
  12. H. Barozie
  13. Hajid
  14. Moh. Asief
  15. Ahmad Dahlan
  16. Djulban
  17. Zuchri
  18. Duchon
  19. Djarid
  20. WIldan
  21. Djazuli
  22. Musamma
  23. Moh. Glompomg
  24. Suryadi

Batu Peletakan Monumen Syuhada Fi Sabilillah Kauman Darussalam Yogyakarta

Kondisi Monumen Syuhada Fisabilillah Kauman Darussalam Yogyakarta terlihat kurang terawat. Beberapa bagian cat mengelupas dan pada bagian dasar musim mulai ditumbuhi lumut. Sepertinya monumen peringatan ini kurang mendapatkan perhatian dari masyarakat sekitar dan hanya sekedar tugu peringatan saja. Hal ini sudah biasa terjadi pada monumen-monumen lain yang dibangun di berbagai tempat dan wilayah di Indonesia. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat