Monumen Ngoto, Memperingati Peristiwa Jatuhnya Pesawat Dakota Di Ngoto

Monumen Ngoto atau bernama lain Monumen Perjuangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) adalah monumen yang dibangun untuk memperingati peristiwa jatuhnya pesawat TNI AU dalam pertempuran mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Monumen Ngoto beralamat di Jalan Imogiri Barat, dusun Ngoto, desa Bangunharjo, kecamatan Sewon, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta 55188.

Lokasi Monumen Ngoto berada di sisi barat pemukiman penduduk dusun Ngoto yang berbatasan dengan area persawahan dan sungai. Akses paling mudah melalui Jalan Imogiri Barat. Monumen Ngoto ditandai dengan bangunan replika ekor pesawat terbang jenis Dakota yang jatuh, Tugu Ngoto, relief prasasti, plaza atau pendopo, lapangan upacara, pringgitan, area pemakaman, perkantoran dan fasilitas umum

Sejarah Indonesia mencatat bahwa peristiwa jatuhnya pesawat Dakota VT-CLA pada tanggal 29 Juli 1947 milik TNI AU. Peristiwa ini terjadi saat berlangsung Agresi Militer Pertama Belanda di Indonesia beberapa bulan setelah Perjanjian Linggarjati. Pesawat Dakota ini disewa Pemerintah Republik Indonesia dari perusahaan penerbangan India untuk membawa obat-obatan kepada Palang Merah Indonesia (PMI). Pesawat yang dikemudikan TNI AU ini ditembak jatuh oleh pesawat Kitty Hawk milik Belanda sebelum mendarat di Pangkalan Udara Adi Sucipto. Pembangunan Monumen Ngoto terdiri dari beberaapa tahap dimana tahap awal pembangunan tugu monumen dan tahan berikutnya pembangunan replikasi pesawat, lapangan upacara, plaza, dan fasilitas lain. Kondisi Monumen Ngoto cukup terawat dengan baik dan dijaga oleh pos TNI AU. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Monumen Ngejaman Pakubuwono X Di Kotagede Yogyakarta
INFORMASI
Monumen Ngoto
Jl. Imogiri Barat, dusun Ngoto, desa Bangunharjo, kecamatan Sewon, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta 55188

Kirim pendapat