Monumen Gempa Potrobayan, Mengenang Titik Gempa Jogja 2006

3.5/5 - (2 votes)

Monumen Gempa Potrobayan merupakan monuman yang dibangun untuk memperingati atau mengenang 10 tahun Gempa Jogja yang terjadi pada 27 Mei 2006. Menurut beberapa sumber dan penelitian, pusat gempa atau epicentrum Gempa Jogja tahun 2006 lalu berada di sekitar kawasan Tempuran Sungai Opak-Oyo yang letaknya cukup dekat dengan lokasi monumen tersebut.

Monumen Gempa Potrobayan beralamat di dusun Potrobayan, desa Srihardono, kecamatang Pundong, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi Monumen Gempa Potrobayan berada di tepi pemukiman penduduk dan dekat dengan aliran Sungai Opak. Tidak ada papan petunjuk arah menuju tempat ini karena bukan obyek wisata. Rute termudah menuju tempat ini dari pasar Pundong ke arah timur hingga ujung dan sedikit masuk lewati area pemukiman penduduk.

Monumen Gempa Potrobayan dibangun pada tahun 2016 untuk mengenang bencana Gempa Jogja yang cukup dahsyat menghancurkan sebagian wilayah Jogja. Lokasi monumen ini dibangun berjarak sekitar 300an meter dari pusat gempa yang merupakan tempuran atau pertemuan dua sungai besar yaitu Sungai Opak dan Sungai Oyo. Prasasti dibangun dari batu adesit setinggi 1,5 meter pada samping kiri-kanan dan depan terdapat batu yang berisi prasasti yang ditandatangani Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Rektor UPN Veteran, dan Bupati Bantul Suharsono.

Daya tarik lain di sekitar Monumen Gempa Potrobayan yang saat ini mulai ramai digandrungi anak muda yaitu Camping Ground Potrobayan yang berada di sebelah bawahnya berhimpit langsung dengan aliran Sungai Opak. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Monumen Ngoto, Memperingati Peristiwa Jatuhnya Pesawat Dakota Di Ngoto
INFORMASI
Monumen Gempa Potrobayan
Dusun Potrobayan, desa Srihardono, kecamatang Pundong, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Kirim pendapat