Monumen Bibis, Rekan Jejak Soeharto Dalam Peperangan Mempertahankan Kemerdekaan

Monumen Bibis, Rekan Jejak Soeharto Dalam Peperangan Mempertahankan Kemerdekaan
1 (20%) 1 vote

Monumen Bibis merupakan salah satu monumen yang dibangun untuk memperingati rekam jejak perjuangan Soeharto. Monumen ini menjadi saksi bisu dalam merencanakan Serangan Oemoem 1 Maret yang dipimpin oleh Soeharto yang kala itu berpangkat sebagai kolonel. Keberadaannya menjadi saksi sejarah dan karir perjuangan Soeharto di bidang militer sebelum menjadi presiden ke 2 Republik Indonesia.

Monumen Bibis beralamat di dusun Bibis, desa Bangunjiwo, kecamatan Kasihan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi Monumen Bibis berada di daerah Bangunjiwo Bantul. Rute menuju monumen ini dari Pabrik Gula Madukismo ke arah barat. Ikuti petunjuk jalan hingga tiba di kawasan Monumen Bibis.

Monumen Bibis dibangun dalam sebuah kompleks atau kawasan yang terdiri dari beberapa bangunan utama. Bangunan yang ada terdiri dari monumen, pendapa, ruang pamer koleksi, panggung, dinding relief, dan toilet. Pendapa di sisi kiri dari bangunan itu dilengkapi dengan diorama. Bangunan pendapa dan kelengkapan lain dibangun pada tahun 1979. Selain itu di depan pendapa ini juga ditelakkan tiga buah prasasti, masing-masing dari Dinas Sosial Provinsi DIY, Batalyon 8 Resimen Mahakarta Universitas Islam Indonesia yang ditandatangani oleh Pangdam IV/Diponegoro, Harsudiyono Hartas tertanggal 1 Agustus 1986, dan dari Yayasan Monumen Yogya Kembali yang ditandatangani oleh R.H. Soerjono pada tanggal 1 Maret 1998.

Kondisi Monumen Bibis saat ini kurang terawat dan banyak bagian yang mengalami kerusakan. Belum terlihat adanya perbaikan dan pembangunan agar lebih menarik. Suasananya terlihat sepi tanpa adanya penjagaan dan pengawasan. Sepertinya nasib menumen ini belum seberuntung Museum Soeharto yang berada di daerah Kemusuk Bantul dimana kondisinya cukup terawat dan kadang dikunjungi wisatawan. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Monumen Bibis
Dusun Bibis, desa Bangunjiwo, kecamatan Kasihan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Kirim pendapat