Molen Keong, Jajanan Unik Di Samping Klenteng Muntilan Magelang

3.0
03

Molen Keong atau dikenal dengan nama Molen Klenteng Muntilan merupakan jajanan unik dari warung kakilima yang berada di samping Klenteng Hok An Kiong Muntilan. Molen Keong berbeda dengan jajanan atau makanan molen pada umumnya dimana ukurannya super besar dan mantap. Cita rasanya sudah tidak diragukan lagi karena resep rahasia pemilik warung menghasilkan rasa yang gurih, manis, dan renyah pada sajian molen keongnya. Tidak heran bila warung ini sering terlihat ramai oleh antrian para pembelinya.

Penjual Molen Keong yang cukup legendaris di Muntilan letaknya berada di sudut pertigaan Klenteng Hok An Kiong, Jalan Pemuda, Sayangan, kecamatan Muntilan, kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Penjual tersebut menggelar dagangannya sejak pukul 08.00 hingga 18.00. Warung ini didirikan oleh Pak Muh bersama istri sejak tahun 1990 di tempat yang sama.

Gerobak Molen Keong Klenteng Muntilan Magelang

Lokasi Warung Molen Keong tersebut berada di jalur lambat Jalan Pemuda Muntilan. Rute menuju ke warung ini dari arah Yogyakarta memasuki jalan satu arah di Jalan Pemuda. Pelan-pelan pindah lajur kendaraan ke sebelah kanan mendekati jalur lambat. Warung tersebut tepat di tepi jalan samping Klenteng Hok An Kiong Muntilan. Kendaraan pembeli dapat diparkir di tepi jalan lambat karena ketiadaan area parkir. Pembeli yang menggunakan sepeda motor tidak kesulitan untuk parkir karena dapat parkir di jalan yang sempit. Sedangkan pengguna kendaraan roda empat harus parkir di kiri Jalan Pemuda atau di depan toko-toko yang memang diperuntukkan parkir kendaraan roda empat.

Baca Juga  Sajian Mie Ayam Bakso Di Warung Bakso Mangkok Beranak Jogja

Warung kakilima atau lebih tepat disebut Gerobak Molen Keong ini berhimpit dengan warung lain. Cukup mudah menemukan gerobak warung ini karena warung ini merupakan satu-satunya warung yang menjual hidangan Moleng Keong. Warung ini terlihat tidak istimewa karena penampilannya seperti warung biasa dan tidak berbeda dengan warung yang ada disebelahnya. Namun bila melihat dagangannya yaitu Molen Keong, anggap tersebut lenyap dan buru-buru ingin menikmatinya.

Molen Keong Sebelum Di Goreng Di Gerobak Molen Keong Klenteng Muntilan Magelang

Molen Keong yang dijual warung ini cukup unik karena ukurannya lebih besar dibandingkan molen biasa. Bila diperhatikan ukuran molen ini hampir 4 (empat) kali lipat dibandingkan molen biasa. Bentuknya pun sedikit menyerupai keong mas sehingga banyak orang yang menyebutnya dengan nama Molen Keong atau Molen Keong Mas. Warung ini menyediakan dua pilihan isi molen yaitu molen pisang dan molen nanas.

Pengunjung yang datang membeli Molen Keong rata-rata harus mengantri terlebih dahulu untuk menunggu molen tersebut selesai dibuat dan dimasak (digoreng). Pedagang atau pemilik warung cukup cekatan dalam membuat molen dan segera memasukkannya dalam wajan berisi minyak yang cukup panas. Di tempat ini, makanan molen disajikan secara fresh yaitu dari adonan tepung dan pisang diracik hingga digoreng ketika dipesan pembeli. Tidak ada namanya makanan yang dihangatkan seperti makanan yang tidak laku kemarin untuk dijual pada hari ini. Menurut pemilik warung, cara inilah menghasilkan cita rasa molen terbaik yang disukai pelanggan dan berbeda dengan penjual molen yang lain. Bila adonan tepung habis, maka penjual akan membuat adonan tepung langsung di gerobak tersebut.

Baca Juga  Gudeg Kulon Tugu, Pilihan Bersantap Selain Angkringan Di Area Tugu Jogja

Molen Keong Setelah Di Goreng Di Gerobak Molen Keong Klenteng Muntilan Magelang

Saat kami mencicipi sebuah Molen Keong Pisang, rasanya cukup renyah dan gurih. Sepertinya sang penjual telah mahir dalam membuat adonan tepung hingga menghasilkan tekstur rasa yang renyah. Saat saya tanyai, adonan tersebut dibuat dengan resep khusus yang dia buat sejak pertama kali berjualan molen pisang dan molen nanas ini. Resep khusus inilah yang membuat molen pisang dan molen nanas disukai pelanggannya.

Setiap hari, warung kakilima yang menjual molen pisang dan molen nanas ini menghabiskan berpuluh-puluh kilogram adonan tepung dan buah pisangnya. Buah nanas pun menghabiskan beberapa kilogram saja karena stoknya tidak menentu dan pasangsurutnya harga. Omset yang cukup besar untuk ukuran sebuah warung kakilima kecil di sudut kawasan Muntilan. Warung ini tidak membuka cabang karena sang pemilik memang tidak berencana membuka cabang.

Pengemasan Molen Keong Klenteng Muntilan Magelang

Harga yang ditawarkan untuk satu buah Molen Keong Pisang atau Molen Keong Nanas adalah Rp 1.000,- dengan ukuran dua kali lipat dari molen biasa bahkan lebih. Harga tersebut sangat murah bagi kami karena harga molen biasa yang lebih kecil sudah berkisar diatas Rp 1.000,-. Tidak heran bila para pembeli rela-rela antri untuk mendapatkan molen keong ini. Bila sedang berkunjung ke kawasan Muntilan, silakan coba cicipi keunikan rasa molen pisang dan molen nanas ini. Keberadaan molen keong mewarnai pesona kuliner di kota Muntilan ini. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat