Mojosemi Forest Park Magetan, Wana Wisata Di Lereng Gunung Lawu

Mojosemi Forest Park Magetan, Wana Wisata Di Lereng Gunung Lawu
Rate this post

Mojosemi Forest Park Magetan merupakan kawasan wisata yang mengunggulkan konsep hutan pinus lereng pegunungan sebagai daya tarik utamanya. Hutan wisata ini dikelola oleh swasta yang bekerjasama dengan Perhutani sebagai pemangku lahan dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) setempat. Keberadaannya belum dikenal secara luas karena belum lama resmi dibuka menjadi kawasan wisata.

Mojosemi Forest Park terletak di desa Mojosemi, kecamatan Plaosan, kabupaten Magetan, Jawa timur.

Lokasi Mojosemi Forest Park berada di lereng Gunung Lawu tepatnya di tepi Jalan Raya Cemoro Sewu-Sarangan Magetan. Letak obyek wisata ini hanya sekitar 2 kilometer dari Telaga Sarangan. Rute termudah dari kota Magetan menuju ke arah Cemoro Sewu sebagai pos pendakian Gunung Lawu. Setelah melewati simpangan menuju Telaga Sarangan dan jalan menanjak panjang, pengunjung akan menemui sebuah jembatan besi dan posisi pintu masuk obyek wisata ini berada di sebelah kanan jalan setelah jembatan. Akses menuju obyek wisata ini cukup mudah ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum hingga kendaraan pribadi. Area parkir yang diediakan cukup luas dan diletakkan secara bertingkat mengikuti kontur tanah di lereng pegunungan.

Mojosemi Forest Park secara geografis terletak di lereng Gunung Lawu sebelah timur pada ketinggian 1.389 mdpl. Udara di sekitar kawasan ini cukup sejuk dan kadang cukup dingin pada malam hari. Daya tarik utama Mojosemi Forest Park adalah wisata hutan atau umumnya yang disebut sebagai wana wisata. Di dalam kawasan hutan terdapat beraneka vegetasi dan sebuah daya tarik air terjun yang bernama Air Terjun Tirto Mojo. Vegetasi yang banyak ditemukan di kawasan Mojosemi Forest Park antara lain jenis Pinus (Pinus sp), Puspa (Schima Wallichii), Jamuju (Podocarpus Imbricatus), Ekaliptus (Eucalypthus sp), dan sebagainya.

Fasilitas pendukung wisata di Mojosemi Forest Park cukup lengkap mulai dari tempat menginap, taman, spot selfie, area berkemah, area parkir, aula, wahana permainan, kamar mandi umum, mushola, hingga tempat penjualan oleh-oleh khas Magetan. Pengelola Mojosemi Forest Park menyediakan 3 pilihan menginap di kawasan ini diantaranya Lawu Forest Camp, Container Forest Camp (tempat menginap menggunakan kotak kontainer), dan Tends Deck Camp (tempat menginap menggunakan tenda). Wahana permainan di kawasan wisata ini cukup lengkap dan beragam antara lain OutBound, Flying Fox, Skywalk, ATV, High Rope Adventure, Ekaliptus Resto & cafe, Airsoftgun Zone, Archery Zone, dan sebagainya.

Penataan Mojosemi Forest Park cukup apik dengan hiasan ornamen payung diantara pepohonan pinus yang masih rapat. Di beberapa titik juga diberi spot selfie yang cukup digandrungi oleh para anak muda. Bagi saya pribadi keberadaan Mojomsei Forest Park menambah pilihan berwisata di sekitar Lereng Gunung Lawu yang sebelumnya hanya didominasi oleh dua wisata unggulan yaitu Telaga Sarangan dan Tawangmangu yang terkenal dengan Air Terjun Grojogan Sewunya. Secara keseluruhan Mojosemi Forest Park dapat menjadi pilihan berwisata di sekitar lereng Gunung Lawu wilayah kabupaten Magetan selain wisata Telaga Sarangan, Telaga Wahyu, dan Cemoro Sewu. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Mojosemi Forest Park
Jl. Raya Telaga Sarangan-Cemoro Sewu, desa Mojosemi, kecamatan Plaosan, kabupaten Magetan, Jawa Timur 63361
Telp: 081232194008
Email: mojosemiforestpark@gmail.com

Kirim pendapat