Mitos Gunung Sepikul Sukoharjo

Mitos Gunung Sepikul Sukoharjo
3 (60%) 1 vote

Gunung Sepikul Sukoharjo memiliki cerita misteri atau mitos di kalangan masyarakat dimana berkaitan dengan cerita Legenda Roro Jonggrang atau Bandung Bondowoso yang berkaitan dengan Candi Prambanan. Gunung atau bukit ini secara geografis terletak di pegunungan seribu kabupaten Sukoharjo. Secara administratif gunung ini berada di wilayah desa Gentan dan desa Brenggalan, kecamatan Bulu, kabupaten Sukoharjo.

Mitos yang berkembang mengenai Gunung Sepikul dimana gunung ini merupakan batu yang dibawa oleh Bandung Bondowoso saat memenuhi persyaratan yang diajukan oleh Roro Jongrang (Rara Jonggrang) untuk menikahinya. Singkat cerita, Roro Jongrang tidak mau Bandung Bondowoso berhasil memenui persyaratan yang dijanjikan dan berusaha menggagalkannya. Roro Jonggrang memerintahkan rakyatnya untuk membunyikan lesung, membakar jerami, dan sebagainya. Dari kisah masyarakat yang nutu padi dengan alu dan lesung masyarakat merasakan kebas dan tangan yang geseng (Lebam merah-merah) di tangannya. Dari istilah itulah kemudian menjadi nama daerah di barat Gunung Sepikul dengan nama Baseng (Kebas dan geseng). Sedangkan masyarakat di barat Baseng yang melihat api di timur atau orang jawa menyebutnya geni neng wetan menjadi dusun Gentan (geni neng wetan).

Cerita selanjutnya ketika jin-jin yang membantu Bandung Bondowoso mendengar suara itu segera lari tunggang langgang meninggalkan tugas yang diembannya. Kebetulan batu yang dibawa dari Pacitan baru sampai di daerah Gentan dan oleh para jin dijatuhkan disitu dan terbentuklah Gunung Sepikul .(text/foto: annosmile)

Kirim pendapat