Mie Lampung Uno, Cita Rasa Mie Ayam Khas Lampung Di Yogyakarta

Mie Lampung Uno, Cita Rasa Mie Ayam Khas Lampung Di Yogyakarta
2.3 (46.67%) 3 votes

Mie Lampung Uno merupakan daya tarik kuliner mie ayam khas Lampung yang berada di sekitar Yogyakarta. Keberadaannya cukup dikenal karena masih jarang ada warung mie ayam Lampung di sekitar Yogyakarta. Outlet ini buka sejak pagi hari hingga malam hari.

Mie Lampung Uno terletak di Jalan Kaliurang km 4.5 Yogyakarta atau bekas warung Sop Ayam Pak Min.

Lokasi Mie Lampung Uno berada 300 meter di sebelah utara perempatan Jalan Kaliurang – Selokan Mataram. Posisi warung ini berada di sebelah kanan jalan atau barat jalan. Agak sulit menemukan outlet ini karena bangunannya kecil dan berhimpit dengan toko lain. Area parkir yang disediakan cukup terbatas dan hanya tersedia untuk beberapa buah kendaraan beroda dua saja.

Menu utama yang ditawarkan Mie Lampung Uno berupa mie ayam, bihun, dan kwetiaw dengan variasi porsi mulai dari porsi setengah (minion) hingga porsi tiga kali atau disebut sebagai porsi gorilla. Ada juga menu ayam rebus yang terdiri dari pilihan dada, paha, dan ati rempela. Selain ini ada tambahan seperti bakso, pangsit goreng, dan pangsit rebus.

Penyajian menu mie ayam manusiawi (1 porsi/porsi standar) di outlet Mie Lampung Uno menggunakan mangkok putih khas mie ayam bergambar ayam jago dan kuahnya diletakkan dalam mangkok yang lebih kecil. Pada semangkok mie terdiri dari mie, potongan sawi hijau rebus, dan topping daging ayam. Penyajian mie ayam khas Lampung ini sama seperti penyajian mie ayam Jakarta pada umumnya. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran kecil-kecil seperti yammie atau mie aya Jakarta. Topping daging ayam yang digunakan menggunakan daging ayam yang digiling hingga halus seperti topping daging ayam di Warung Mie Ayam Grabyas Red Door dan Yammie Pathuk yang pernah saya cicipi. Kuah mie ayam ini menggunakan kaldu ayam sehingga terasa gurih ketika mencicipinya.

Cita rasa yang ditawarkan outlet Mie Lampung Uno kombinasi rasa gurih dengan rasa asin tanpa ada sedikit rasa manis. Bagi saya pribadi ada kemiripan rasa dengan sajian yammie karena menggunakan bumbu yang hampir sama. Harga yang ditawarkan tergolong standar namun lebih mahal dibandingkan warung kakilima karena outlet ini menyewa tempat atau ruko. Secara keseluruhan outlet Mie Lampung Uno dapat menjadi salah satu pilihan bersantap mie ayam dan obat kangen dengan mie ayam khas Lampung. (text/foto: annosmile)

CABANG
  • Jl. Kaliurang km 4.5 Yogyakarta
  • Jl. Demangan Baru No.25, desa Caturtunggal, kecamatan Depok, kabupaten Sleman 55281
DAFTRA MENU
  • Mie Minion (1/2 porsi) : Rp 8.000,-
  • Mie Manusiawi (1 porsi) : Rp 12.000,-
  • Mie Gajah (2 porsi) : Rp 18.000,-
  • Mie Gorilla (3 porsi) : Rp Rp 25.000,-

*update harga 20 Juli 2017*

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Kika:

    Om om.. Kalau bahas kayak gini itu dapat komplimen nggak? :D

Kirim pendapat