Mie Ayam Wetan Tugu, Kuliner Mie Ayam Di Timur Tugu Yogyakarta

Mie Ayam Jakarta Wetan Tugu merupakan salah satu penjual kuliner mie ayam yang berada di dekat Tugu Yogyakarta. Keberadaannya cukup dikenal bagi penyuka hidangan mie ayam jenis mie ayam Jakarta. Warung ini buka mulai sore hari hingga malam hari.

Mie Ayam Jakarta Wetan Tugu Pak Pardi merupakan warung kakilima yang berada di Jalan Jend. Sudirman Yogyakarta tepatnya di depan Hotel Phoenix Yogyakarta.

Lokasinya berada di sebelah timur dari Tugu Jogja sesuai dengan namanya. Tepatnya diseberang jalan Hotel Phoenix atau disebelah selatan jalan. Sebagai warung kakilima, Warung Mie Ayam Wetan Tugu buka sore hari hingga tengah malam. Keberadaannya cukup ramai pembeli ketika memasuki jam-jam makan malam. Suatu hari ketika selesai berburu foto Senja di Tugu Jogja, kami langsung mampir ke warung mie ayam ini untuk mengisi perut sekaligus makan malam.

Setelah memesan menu mie ayam, kami langsung memilih tikar yang masih kosong untuk duduk lesehan. Bila kurang suka dengan duduk lesehan, disediakan meja dan kursi di dalam tenda warung. Tidak lama kemudian, pesanan mie ayam pangsit pun disajikan. Penyajian mie ayam Jakarta ini sedikit berbeda dengan mie ayam biasa dimana antara mie dan kuah dipisah. Selain itu menu mie ayam pangsit di Warung Mie Ayam Wetan Tugu ini terdapat pangsit goreng dan pangsit rebus yang keduanya disertakan dalam porsi menu.

Baca Juga  Mie Ayam Batas Kota Boyolali, Kuliner Mie Ayam Legendaris Bukan Jaminan

Sajian Mie Ayam Jakarta Wetan Tugu Yogyakarta

Saat mencicipinya, tekstur mie terasa cukup lembut, empuk, namun tidak mudah hancur. Berbeda dengan mie dalam mie ayam biasa yang terasa lebih kaku dan kenyal. Rasa dari mie sendiri cukup enak dan tidak meninggalkan bekas rasa aneh seperti penambahan bahan pengawet atau bahan pengenyal. Bumbunya pun terasa pas dengan penambahan potongan daun loncang dan kuah dari saus ayam. Tidak terasa efek penambahan bahan penguat rasa (msg) dan saya pikir mungkin hanya ditambahkan sedikit sekali dalam penyajiannya.

Penambahan pangsit goreng dan pangsit rebus menambah daya tarik rasa mie ayam Jakarta yang ditawarkan. Kuah yang dipisah cukup berguna karena beberapa orang lebih suka menikmati mie ayam dengan kuah yang banyak atau sebaliknya menikmati mie ayam tanpa kuah. Harga yang ditawarkan pun tergolong murah dibandingkan rasa yang ditawarkan. Sambil duduk lesehan pun kita dapat menikmati Tugu Jogja dan keramaian lalu lintas yang ada disekitar Tugu. Bagi kami rasa mie ayam di warung ini lebih enak daripada mie ayam di depan Hotel Santika yang konon cukup terkenal. Warung Mie Ayam Jakarta Wetan Tugu ini merupakan salah satu pilihan utama menikmati mie ayam Jakarta di Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

== Harga

Mie Ayam Pangsit : Rp7.000,-/porsi

== Perbandingan dengan Mie Ayam Depan Santika

Mengenai harga yang ditawarkan antara keduanya memiliki kesamaan dan tidak ada perbedaan yang mencolok. Untuk kualitas rasa, kami lebih memilih Mie Ayam Wetan Tugu karena mie nya cukup enak dengan tingkat kematangan yang pas. Sedangkan Mie Ayam Wetan Santika, kami pernah mendapati mie dalam kondisi kurang matang karena terlalu buru-buru dalam memasaknya. Selain itu Mie Ayam Wetan Tugu memiliki keunggulan pada dua macam pangsit yaitu pangsit rebus dan pangsit goreng, sedangkan Mie Ayam Depan Santika hanya terdapat pangsit rebus saja.

Baca Juga  Victory Restaurant, Pilihan Makanan Halal Di Belakang Masjid Sultan Singapura

 

Penilaian Menu Mie Ayam Jakarta Wetan Tugu
Overall
7.5/10
7.5/10
  • Mie Ayam Pangsit - 7.5/10
    7.5/10

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. EventJogja:

    rasanya memang enak, dgn warung sederhana bisa menikmati suasana kota jogja, apalagi dinikmati malam hari sambil rekreasi bersama sanak saudara :D

Kirim pendapat