Mie Ayam Tunggal Rasa Pak Slamet Di Tepi Jalan Bantul

Mie Ayam Tunggal Rasa Pak Slamet merupakan salah satu warung mie ayam khas Wonogiri di tepi Jalan Bantul. Namanya memiliki kemiripan atau kesamaan nama dengan beberapa warung mie ayam di sekitar Jogja dan Sleman seperti Mie Ayam Pak Slamet Samirono dan Mie Ayam kang Slamet walaupun mereka tidak ada keterkaitan. Warung ini sudah berdiri cukup lama dan masih bertahan dengan bangunan warung yang terbuat dari bambu.

Mie Ayam Tunggal Rasa Pak Slamet Wonogiri beralamat di Jalan Bantul No. 313, dusun Monggang, desa Pendowoharjo, kecamatan Sewon, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta 55186.

Lokasi Warung Mie Ayam Tunggal Rasa Pak Slamet berada di tepi Jalan Bantul tepatnya sebelah selatan dari persimpangan lampu merah Kasongan. rute dari kota Yogyakarta ke arah selatan melewati Jalan Bantul hingga menemui persimpangan jalan Ringroad Selatan. Ambil jalan lurus keselatan hingga menemui simpang Kasongan. Dari simpangan Kasongan ambil ke selatan arah kota Bantul sejauh beberapa ratus meter dan posisi warung berada di kiri jalan. Area parkir yan disediakan terbatas untuk kendaraan roda dua saja.

Penyajian menu mie ayam di Warung Mie Ayam Tunggal Rasa Pak Slamet menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam terdiri dari mie, topping ayam, dan potongan sawi rebus. Porsinya bisa dibilang porsi agak banyak atau mirip seperti porsi jumbo untuk ukuran sajian mie ayam jawa. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran agak kecil dan bergelombang khas mie produksi Tunggal Rasa. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang cukup pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong dadu tidak rata, berukuran sedang, dan tidak bercampur tulang ayam. Potongan daun sawi hijau jumlahnya standar. Potongan daun loncang atau daun bawang disediakan di meja makan bebas diambil sesuka hati sesuai selera pengunjung.

Baca Juga  Tradisi Turun Temurun Yang Diselenggarakan Di Sleman

Cita rasa sajian mie ayam di Warung Mie Ayam Tunggal Rasa Pak Slamet cenderung gurih dengan rasa sedikit asin. Hampir sama seperti cita rasa mie ayam khas Wonogiri yang berada di sekitar Yogyakarta. Namun bila diamati cita rasa asin lebih kuat daripada cita rasa manis. Cita rasa semacam ini cukup langka di daerah bantul mengingat mayoritas pedagang mie ayam di daerah ini bercita rasa manis atau cukup manis. Bagi saya pribadi ada kemiripan rasa dengan sajian mie ayam di Warung Mie Ayam Pak Pendek Kotagede. Harga yang ditawarkan tergolong standar untuk ukuran harga mie ayam di tepi jalan utama menuju kota Bantul. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU
  • Mie Ayam: Rp 9.000,

*update 20 Agustus 2019*

Penilaian Menu Mie Ayam Tunggal Rasa Pak Slamet
  • 6.9/10
    Mie Ayam - 6.9/10
6.9/10
INFORMASI
Mie Ayam Tunggal Rasa Pak Slamet
Jl. Bantul No. 313, dusun Monggang, desa Pendowoharjo, kecamatan Sewon, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta 55186

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

Kirim pendapat