Mie Ayam Tumini, Mie Ayam Jawa Terenak di Selatan Jogja

Mie Ayam Tumini, Mie Ayam Jawa Terenak di Selatan Jogja
3.8 (75%) 8 votes

Mie Ayam Tumini merupakan kuliner favorit bagi sebagian kalangan pecinta hidangan mie ayam di Yogyakarta. Cita rasa yang ditawarkan sedikit unik dan lain daripada mie ayam yang biasa dijual di sekitar Yogyakarta. Kuah yang kental dan rasa gurih bercampur manis menjadi daya tarik utama yang ditawarkan Warung Mie Ayam Tumini. Tidak sedikit pengunjung dari luar kota yang datang ke warung ini untuk mencicipi daya tarik rasanya.

Mie Ayam Bu Tumini Sarirasa Jatiayu berlokasi di Jalan Imogiri Timur No 187, kelurahan Giwangan, kecamatan Umbulharjo, kota Yogyakarta atau di sebelah utara sebelum Terminal Bus Giwangan Yogyakarta. Menyajikan menu utama berupa mie ayam dengan porsi dan tambahan sesuai selera pelanggan.

Warung Mie Ayam Bu Tumini Giwangan Yogyakarta Dari Depan

Lokasi Mie Ayam Tumini berada di selatan kota Yogyakarta tepatnya di sebelah utara Terminal Giwangan. Rute yang dilewati dari Nol Kilometer antara lain Jalan Pangeran Senopati, Jalan Brigjen Katamso, Jalan Kolonel Sugiyono, Jalan Menteri Supeno, Jalan Pramuka, dan Jalan Imogiri Barat. Posisi warung ini berada di sebelah kiri jalan sebelum pintu masuk bus Terminal Giwangan sisi barat. Area parkir yang disediakan hanyalah parkir sepeda motor saja. Pengunjung yang membawa kendaraan roda empat atau moil dipersilakan parkir di seberang jalan atau sedikit lebih jauh dari lokasi warung.

Menu mie ayam yang disajikan Mie Ayam Tumini ada beberapa pilihan diantaranya  mie ayam biasa, mie ayam porsi setengah, mie ayam porsi jumbo, mie ayam tanpa kuah, mie ayam extra ceker ayam, dan mie ayam jumbo extra ceker ayam. Menu tersebut disesuaikan dengan selera masing-masing penikmat mie ayam. Pengunjung yang baru pertama kali datang di warung ini dapat melihat daftar menu berikut harga pada papan menu yang terpasang jelas disamping gerobak mie ayam.

Suasana Warung Mie Ayam Bu Tumini Giwangan Yogyakarta

Pengunjung Warung Mie Ayam Tumini harus bersabar menunggu mie ayam siap disajikan karena antrian pembeli cukup banyak. Setelah cukup lama menunggu akhirnya semangkuk mie ayam tersaji di meja makan. Bila diperhatikan penyajian mie ayam di Warung Mie Ayam Bu Tumini ini tidak tampak istimewa dan sama seperti penyajian mie ayam yang bisa kita temui pada warung mie ayam di tepi jalan atau pedagang mie ayam keliling.

Semangkuk mie ayam biasa di Warung Mie Ayam Tumini yang saya pesan tersaji dengan porsi yang terlihat penuh. Sajian mie ayam di warung ini digabung dengan kuahnya atau kuahnya tidak dipisah dengan wadah tersendiri. Penampilan toping berwarna kecoklatan yang memenuhi permukaan mie pada mangkok terlihat kental dan menggoda selera. Saat mie ayam tersebut diaduk, kuah bening yang ada menghilang bercampur dengan kuah kental dari toping daging ayam yang ada.

Ayam Extra Ayam Plus Ceker Ayam Di Warung Mie Ayam Tumini Yogyakarta

Cita rasa yang timbul dari sajian Mie Ayam Tumini adalah  rasa gurih, cukup manis bercampur asin, bumbu campuran rempah seperti kuah semur. Sepertinya warung ini menggunakan resep khusus untuk campuran kuah yang berbeda dengan kuah mie ayam yang lain. Mengenai mie ayam digunakan hampir sama dengan mie yang digunakan pada warung mie ayam yang lain. Dengan tesktur mie yang sedikit kenyal, berukuran bulat namun tidak kering, dan tidak alot. Proses pemasakan mie pun terbilang cukup pas dan tidak terlalu lunak.

Potongan daging ayam cukup besar dan pas dalam semangkuk mie ayam. Perpaduan antara kuah, mie, dan daging ayam yang pas membuat orang puas untuk menikmatinya. Harga yang ditawarkan Warung Mie Ayam Tumini sedikit lebih mahal dibandingkan dengan harga mie ayam Jawa pada umumnya. Pengelola beralasan, mahalnya harga mie ayam disebabkan oleh faktor bahan baku pembuatnya. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

MAKANAN

  • Mie Ayam Biasa : Rp 10.000,-
  • Mie Ayam Jumbo : Rp 14.000,-
  • Mie Ayam Extra Ayam : Rp 14.000,-
  • Mie Ayam Ceker : Rp 14.000,-
  • Mie Ayam Extra Ayam – Ceker : Rp 18.000,-
  • Mie Ayam Jumbo Extra Ayam : Rp 18.000,-
  • Mie Ayam Jumbo Ceker : Rp 18.000,-
  • Mie Ayam Jumbo Extra Ayam – Ceker : Rp 22.000,-
  • Mie Ayam 1/2 : Rp 8.000,-
  • Mie Ayam 1/2 Ceker : Rp 11.000,-
  • Mie Ayam 1/2 Extra Ayam : Rp 11.000,-
  • Mie Ayam 1/2 Extra Ayam – Ceker : 15.000,-
  • Sawi Ayam : Rp 8.000,-
  • Sawi Ayam Ceker : Rp 11.000,-
  • Sawi Ayam Extra Ayam : Rp 11.000,-
  • Sawi Ayam Extra Ayam – Ceker : Rp 15.000,-
  • Ceker 1 porsi : Rp 9.000,-
  • Kerupuk 3 biji : Rp 2.000,-

MINUMAN

  • Teh Panas/Es : Rp 3.000,-
  • Jeruk Panas/Es : Rp 3.000,-
  • Lemon Tea Panas/Es : Rp 4.000,-
  • Kopi Panas/Es : Rp 4.000,-
  • Susu Panas/Es : Rp 4.000,-

*update 7 Juni 2018*

INFORMASI
Mie Ayam Bu Tumini Sarirasa Jatiayu
Jl. Imogiri Timur No 187 Umbulharo, Yogyakarta (utara sebelum Terminal Bus Giwangan Yogyakarta)
Telp: (0274) 410334

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 10.00 s/d 15.00 WIB (habis)

Ada 8 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Sriyono Suke:

    Sudah setahun lebih tidak ke Yogyakarta…

  2. Bang One:

    Jadi pengen mencicipi nih .. hehee

  3. Tirta Wahyu:

    rame banget mas, jadi males mau antri hehe

    • admin:

      Hi Tirta Wahyu,
      Silakan dicoba mie ayamnya ya, banyak pilihan menunya loh :-)

  4. nbsusanto:

    ketoke legendaris banget ya mi ayam tumini.. sebagai wong jogja malah belum pernah kesini, besoklah kalo ndilalah pas pulang bisa nih dolan kesini.. :D

  5. Hermawan:

    nek krungu ceritane ketoke enak, tapi kok weruh bentuke wes mblenger ndisik

  6. Aji Sukma:

    Favorite bgt. Pernah makan 2 hari berturut2. :D

  7. Kalingga Ajeng:

    Favorit banget ketika main ke Jogja, rasanya benar-benar nenda. Bumbu kuahnya aduh… cekernya lembut banget. Ya ampun bener-bener pengen ke sana lagi. Rekomended banget.

Kirim pendapat