Mie Ayam Tugu Lilin, Kuliner Legendaris Yang Dikenal Sebagai Mie Ayam Pocong

Mie Ayam Tugu Lilin, Kuliner Legendaris Yang Dikenal Sebagai Mie Ayam Pocong
3.8 (75%) 4 votes

Mie Ayam Tugu Lilin atau saat ini dikenal dengan nama Mie Ayam Pocong merupakan daya tarik kuliner mie ayam dari daerah Solo. Nama warung mie ayam ini mulai meledak ketika diisukan menggunakan penglaris berupa pocong. Konon isu tersebut dihembuskan oleh kompetitornya agar warung mie ayam ini tidak laku. Namun pada kenyataannya berbalik dan warung mie ayam ini selalu ramai dikunjungi pembeli.

Mie Ayam Tugu Lilin terletak di Jalan Joko Tinggir, desa Makamhaji, kecamatan Kartasura, kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Lokasi Mie Ayam Tugu Lilin berada di dekat pertigaan Tugu Lilin Sukoharjo. Rute termudah dari pusat kota Solo ke arah barat melewati Jalan Dr. Rajiman hingga tiba di pertigaan Tugu Lilin. Selanjutnya ambil arah kiri sejauh 50 meter dan posisi warung mie ayam berada di kiri jalan. Namun bila Anda dari daerah Kartasura ambil Jalan Slamet Riyadi ke arah timur hingga melewati underpass Makamhaji dan menemui pertigaan Tugu Lilin. Ambil arah jalan ke kanan dan posisi warung mie ayam berada di kiri jalan. Area parkir yang disediakan terbatas untuk kendaraan roda dua saja. Menu yang ditawarkan warung ini ada dua pilihan yaitu mie ayam biasa dan mie ayam bakso atau miso.

Penyajian mie ayam bakso (miso) di Warung Mie Ayam Tugu Lilin menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam terdiri dari mie, topping ayam, potongan sawi rebus, dan 3 (tiga) buah bakso sapi. Potongan daun loncang disediakan di meja makan dan pengunjung bebas menambahkannya. Porsi mie ayam bisa dibilang standar porsi mie ayam pada umumnya namun cukup mengenyangkan. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran tanggung dan bentuk tidak bergelombang. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong agak memanjang, berukuran sedang, dan dipisah dari tulang ayam. Potongan daun sawi hijau cukup banyak dan tidak terkesan pelit. Kuahnya terlihat bening kecoklatan karena kuah toppingnya yang encer. Bila belum puas di meja makan tersedia hidangan pendamping atau lauk seperti sosis, ceker ayam, kepala ayam, dan ati ampela bacem.

Cita rasa yang ditawarkan sajian mie ayam bakso di Warung Mie Ayam Tugu Lilin cenderung gurih dengan sedikit rasa manis dan asin. Penggunaan monosodium glutamat (MSG) atau penyedap rasa buatan masih dalam batas normal. Karakteristik rasa yang ditawarkan seperti Mie Ayam Wonogiri karena memang satu wilayah yaitu Solo Raya. Untuk cita rasa bakso sapi sendiri terkesan biasa dan kurang istimewa. Secara keseluruhan Mie Ayam Tugu Lilin atau Mie Ayam Pocong dapat menjadi rekomendasi wisata kuliner mie ayam di sekitar Solo dan Sukoharjo khususnya ketika melewati Jalan Dr. Rajiman sebagai salah satu jalan alternatif keluar masuk kota Solo. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Mie Ayam Tugu Lilin
Jl. Joko Tinggir, desa Makamhaji, kecamatan Kartasura, kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 13.00 s/d habis

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. mysukmana:

    iki meh tiap hari lewat mas..tapi blm pernah merasakan
    wedi nek di weruhi pocong hehehe

Kirim pendapat