Mie Ayam Tresno, Keunikan Mie Ayam Dengan Topping Bumbu Rendang

Mie Ayam Tresno, Keunikan Mie Ayam Dengan Topping Bumbu Rendang
2 (40%) 2 votes

Mie Ayam Tresno merupakan warung mie ayam pertama di sekitar Yogyakarta yang menyajian menu mie ayam rendang. Mie ayam rendang memiliki ciri utama dimana topping mie ayam menggunakan bumbu rendang pada masakan khas Padang/Sumatera Barat. Keberadaannya cukup mendapat sambutan positif bagi para penikmat mie ayam yang tinggal di kota gudeg ini.

Mie Ayam Tresno terletak di Jalan Kaliurang km 6, Sinduadi, Mlati, Sleman, DI Yogyakarta.

Lokasi Mie Ayam Tresno berada di Jalan Kaliurang tepatnya di sebelah utara dari perempatan Ringroad Kentungan dan sebelah selatan dari Permata Bank. Sedikit sulit menemukan warung mie ayam ini karena ukurannya kecil dan satu tempat dengan penjual bubur ayam. Warung ini hanya menyediakan parkir sepeda motor saja. Bagi pengguna kendaraan beroda empat bisa memarkir kendaraannya di supermarket yang ada didekatnya yaitu Superindo. Menu yang ditawarkan antara lain mie ayam rendang biasa, mie ayam rendang ceker, mie ayam rendang bakso, dan mie ayam rendang bakso ceker.

Menu Mie Ayam Rendang Ceker di Warung Mie Ayam Tresno menggunakan dua mangkok dimana mangkok pertama berisi mie ayam rendang dan mangkok kedua berisi ceker ayam. Mangkok pertama yaitu mangkok mie ayam terdiri dari mie, topping rendang ayam yang terlihat kental, dan potongan sawi hijau rebus. Hal yang sedikit berbeda pada penyajian mie ayam rendang ini adalah ketiadaan kuah mie ayam. Porsi mie yang disajikan terlihat sedikit daripada porsi mie ayam pada umumnya. Selain itu potongan daun sawi hijau juga terlihat sedikit dan terselip diantara gumpalan mie. Selanjutnya mangkok kedua berisi dua potong ceker ayam yang juga dimasak dengan bumbu rendang dan diberi sedikit kuah.

Cara menikmati Mie Ayam Rendang di Warung Mie Ayam Tresno ini harus diaduk terlebih dahulu agar topping bumbu rendang ayam tercampur. Cita rasa sajian Mie Ayam Rendang didominasi rasa bumbu rendang khas masakan Padang. Bagi saya sendiri menikmati sajian mie ayam rendang ini sama seperti menikmati sajian nasi rendang di Rumah Makan Padang. Hal ini dikarenakan tidak adanya modifikasi khusus pada bumbu rendang agar cocok digunakan sebagai topping ayam pada sajian mie ayam. Dominasi rasa yang muncul setela menyantap hidangan mie ini adalah rasa gurih dan asin tanpa adanya cita rasa manis. Hanya saja bagi saya rasa asin yang ditawarkan agak berlebihan karena bumbu rendang yang terlampau kental dan tanpa adanya kuah yang mengurangi kepekatan toping. Sedikit saran dari saya agar menambahkan kuah atau meminta tambahan kuah pada sajian mie ayam agar cita rasanya tidak terlalu asin dan kental. Secara keseluruhan Mie Ayam Rendang di Warung MIe Ayam Tresno melengkapi variasi sajian mie ayam di sekitar Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

Mie Ayam Rendang : Rp 11.000,-

Mie Ayam Rendang Ceker : Rp 13.000,-

Mie Ayam Rendang Bakso : Rp 15.000,-

* update 21 Oktober 2017*

INFORMASI
Mie Ayam Tresno
Jl. Kaliurang km 6, desa Sinduadi, kecamatan Mlati, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 11.00 s/d 19.00 WIB

Kirim pendapat