Mie Ayam Tidar, Pilihan Kuliner Mie Ayam Di Pleret Dan Bangunjiwo Bantul

Mie Ayam Tidar, Pilihan Kuliner Mie Ayam Di Pleret Dan Bangunjiwo Bantul
4.2 (84.44%) 9 votes

Mie Ayam Tidar Pleret Bantul merupakan daya tarik kuliner mie ayam dan bakso di tepi Jalan Jejeran Pleret Bantul. Warung mi ayam ini katanya merupakan cabang dari Mie Ayam Tidar yang berpusat di daerah Bangunjiwo Kasihan Bantul. Keberadaannya cukup dikenal bagi para pecinta kuliner mie ayam dan menjadi salah satu pilihan bersantap kuliner mie ayam di sekitar daerah tersebut.

Mie Ayam Tidar Pleret beralamat di Jalan Jejeran Pleret, desa Kanggotan, kecamatan Pleret, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi Mie Ayam Tidar Pleret berada di sebelah timur dari perempatan Jejeran dan sebelah barat dari Lapangan kanggotan. Sedikit sulit bila pertama kali mencari warung ini karena di sekitar jalan tersebut banyak berdiri warung penjual mie ayam dan bakso. Area parkir yang disediakan cukup terbatas dan hanya disediakan area parkir sepeda motor saja.

Penyajian mie ayam bakso biasa di Warung Mie Ayam Tidar Pleret Bantul disajikan dengan mangkok putih bergambar ayam jago seperti penyajian mie ayam pada umumnya. Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus ditaruh pada tepi agak dasar mangkok, topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie, dan 3 (tiga0 buah bakso sapi diletakkan pada bagian tepi mangkok.

Porsi mie ayam bakso biasa di Warung Mie Ayam Tidar Pleret tergolong pas meski terlihat lebih banyak dibandingkan porsi biasa. Bakmi atau mie berukuran tanggung dan sedikit bergelombang seperti mie yang digunakan pada mie ayam Jawa umumnya. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong agak berbentuk dadu dan kadang bercampur dengan tulang ayam. Kuahnya berwarna kuning kecoklatan khas mie ayam Jawa. Mienya terasa lembut ketika dikunyah dan cukup dapat menyerap bumbu dari mie ayam sendiri.

Cita rasa yang ditawarkan sajian Mie Ayam Tidar cenderung manis dan gurih dengan kadar rasa manis yang pas atau tidak berlebih. Bagi saya pribadi ada kemiripan rasa dengan sajian Mie Ayam Pak Tupon di daerah Ringinharjo Bantul. Bagi penyuka mie ayam Jawa dnegan cita rasa manis dan gurih, rasa seperti ini yang mereka cari. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan sesuai dengan kantong masyarakat setempat. Secara keseluruhan Mie Ayam Tidar Pleret dapat menjadi salah satu pilihan utama bersantap mie ayam bakso di sekitar Pleret dan di dekat perempatan Jalan Imogiri Timur Jejeran Bantul. (text/foto: annosmile)

DAFTAR HARGA

  • Bakso Sapi : Rp 8.000,-
  • Mie Ayam Biasa : Rp 7.000,-
  • Mie Ayam Bakso Biasa : Rp 10.000,-
  • Mie Ayam Bakso Jumbo : Rp 15.000,-

*update harga Februari 2017*

CABANG

  • Cabang Pleret. Jl. Jejeran Pleret, desa Kanggotan, kecamatan Pleret, kabupaten Bantul 55792 Telp: 081219307396
  • Cabang Bangunjiwo. Jl. Bibis, desa Bangunjiwo, kecamatan Kasihan, kabupaten Bantul 55184 Telp: 082137872812

Kirim pendapat