Mie Ayam Tanpa Nama Tamanan Bantul

Mie Ayam Tanpa Nama Tamanan Bantul
2.5 (50%) 2 votes

Mie Ayam Tanpa Nama Tamanan merupakan penjual mie ayam yang berada di tengah-tengah kawasan pemukiman dusun Tamanan Bantul. Keberadaannya cukup dikenal oleh masyarakat sekitar karena cukup lama berdiri namun jarang dikenal oleh pembeli dari luar kampung tersebut. Menu andalannya adalah sajian mie ayam saja tanpa ada menu lain.

Mie Ayam Tanpa Nama Tamanan beralamat di dusun Tamanan Wetan, dusun Tamanan, kecamatan Banguntapan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi Mie Ayam Tanpa Nama Tamanan berada di sebelah barat dari Kebun Plasma Nutfah Pisang dan Dinas Pertanian Dan Pangan-Plasma Nutfah Pisang. Rute menuju ke warung ini agak sulit karena memasuki area perkampungan penduduk dan tidak ada papan nama mie ayam. Ada dua akses jalan menuju warung mie ayam ini dari Jalan Ringroad Selatan Yogyakarta sebelah selatan Kampus Terpadu UAD Yogyakarta atau Jalan Imogiri Timur. Patokan jalannya dari peta paling mudah adalah sebelah barat Kebun Plasma Nutfah Pisang dan di sebelah timur selokan kecil.

Penyajian menu mie ayam di Warung Mie Ayam Tanpa Nama Tamanan menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam  terdiri dari mie, topping ayam, dan potongan sawi rebus. Porsinya terbilang standar untuk ukuran mie ayam pada umumnya. Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus ditaruh pada tepi agak dasar mangkok, topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran tanggung dan agak bergelombang. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang cukup pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong dadu, berukuran agak besar, dan terpisah dari tulang ayam. Potongan daun sawi hijau jumlahnya standar namun potongannya terlalu kecil. Kuah mienya terlihat bening agak kecoklatan karena kuah toppingnya yang agak encer.

Cita rasa yang ditawarkan sajian mie ayam di Warung Mie Ayam Tanpa Nama Tamanan cenderung agak manis dan sedikit asin. Bumbu rempah khususnya merica cukup terasa pada sajian mie ayam ini. Cukup menarik mengingat di sekitar Jalan Imogiri Timur dikuasai oleh sajian mie ayam manis dengan cita rasa Jatiayu khas Gunungkidul. Bagi saya pribadi sajian mie ayam di warung mie ayam ini memiliki karakteristik rasa rempah tersendiri seperti halnya sajian Mie Ayam Bendungan Tegal Ibu Edi Sutrisno. Harga yang ditawarkan tergolong standar untuk harga mie ayam di pinggiran kota Yogyakarta dan di tengah-tengah area perkampungan penduduk. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

Mie Ayam : Rp 7.000,-

*update 26 Juni 2018*

Penilaian Menu Warung Mie Ayam Tanpa Nama Tamanan
  • 6.8/10
    Mie Ayam - 6.8/10
6.8/10
INFORMASI
Mie Ayam Tanpa Nama Tamanan
Dusun Tamanan Wetan, dusun Tamanan, kecamatan Banguntapan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 10.00 s/d 18.00 WIB

Kirim pendapat