Mie Ayam Sukowati, Cita Rasa Mie Ayam Sragen Di Kota Gudeg

Mie Ayam Sukowati, Cita Rasa Mie Ayam Sragen Di Kota Gudeg
3.7 (73.33%) 3 votes

Mie Ayam Sukowati merupakan warung penjual hidangan mie ayam khas Sragen di sekitar kota Yogyakarta. Keberadaan warung ini agak tersebunyi karena berada di tepi jalan yang sepi. Namun yang menarik warung ini tidak sepi dari pembeli dan meraka datang silih berganti. Sebagian pembeli memilih untuk membungkusnya untuk dinikmati dirumah mereka masing-masing. Warung mie ayam ini buka mulai sore hari hingga malam hari.

Mie Ayam Sukowati Pak Mino Bu Rini terletak di Jalan Retno Dumilah No. 20 C, kelurahan Rejowinangun, kecamatan Kotagede, kota Yogyakarta 55171.

 

Lokasi Mie Ayam Sukowati berada di daerah Rejowinangun atau sebelah selatan dari Kebun Binatang Gembira Loka (GL Zoo). Rute menuju ke warung mie ayam ini dari Jalan Kebun Raya ke arah selatan hingga menemui pertigaan. Pilihlah jalan ke arah timur kemudian belok ke kanan melewati jalan kecil yang bernama Jalan Retno Dumilah. Rute jalan ini hampir sama ketika menuju ke Warung Bakmi Jawa Mbah Gito dari arah timur. Posisi warung mie ayam ini berada di kiri jalan atau timur jalan. Area parkir yang disediakan menggunakan area tepi jalan dan dapat memuat hingga kendaraan roda empat. Menu yang ditawarkan warung mie ayam ini antara lain mie ayam biasa, mie ayam ceker, dan mie ayam telur.

Penyajian mie ayam ceker di Warung Mie Ayam Sukowati menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam terdiri dari mie, topping ayam, potongan sawi rebus, 1 (satu) potong pangsit goreng, dan 2 (dua) buah ceker ayam. Potongan daun loncang disediakan di meja makan dan pengunjung bebas menambahkannya. Porsi mie ayam bisa dibilang standar porsi mie ayam pada umumnya namun cukup mengenyangkan. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran tanggung dan bentuk tidak bergelombang. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong dadu, berukuran sedang, dan dipisah dari tulang ayam. Potongan daun sawi hujau jumlahnya standar namun tidak terkesan pelit. Kuahnya terlihat bening kecoklatan karena kuah toppingnya yang encer.

Cita rasa yang ditawarkan sajian mie ayam ceker di Warung Mie Ayam Sukowati cenderung gurih dan sedikit manis. Penggunaan monosodium glutamat (MSG) atau penyedap rasa buatan masih dalam batas normal. Karakteristik rasa yang ditawarkan seperti Mie Ayam khas Solo walaupun ada sedikit perbedaan rasa pada bumbunya. Bagi saya pribadi ada kemiripan bumbu dan rasa dengan sajian mie ayam di Warung Es Campur Misur Mojolaban Sukoharjo. Untuk cita rasa ceker ayamnya cukup menarik karena cenderung gurih, tidak terlalu manis, dan hampir sama dengan ceker ayam di Warung Mie Ayam Cak Iwan. Harga yang ditawarkan tergolong standar untuk harga sajian mie ayam di pusat kota Yogyakarta. Secara keseluruhan Warung Mie Ayam Sukowati dapat menjadi salah satu pilihan bersantap mie ayam jawa pada sore dan malam hari dimana banyak didominasi oleh warung mie ayam berjenis mie ayam Jakarta. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

Mie Ayam Biasa :

Mie Ayam Ceker : Rp 10.000,-

Mie Ayam Telur : Rp 10.000,-

*update 11 Maret 2018*

INFORMASI
Mie Ayam Sukowati
Jl. Retno Dumilah No. 20 C, kelurahan Rejowinangun, kecamatan Kotagede, kota Yogyakarta 55171

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 15.00 s/d 21.00 WIB

Kirim pendapat