Mie Ayam Kang Slamet, Karakteristik Sarirasa Jatiayu Di Timur Kotagede

Mie Ayam Kang Slamet, Karakteristik Sarirasa Jatiayu Di Timur Kotagede
3.3 (66.67%) 3 votes

Mie Ayam Sarirasa Jatiayu Kang Slamet merupakan salah satu nama warung mie ayam yang menggunakan embel-embel nama Sarirasa Jatiayu. Hal tersebut menjelaskan bahwa sajian mie ayam ini khas atau berasal dari Gunungkidul. Bagi saya sendiri ini terhitung tempat ketiga setelah Mie Ayam Bu Tumini dan Mie Ayam Pak Darto yang menggunakan embel-embel nama tersebut.

Mie Ayam Sarirasa Jatiayu Kang Slamet (Putu Pitu) terletak di Jalan Karanglo, Ngori, Kotagede, Yogyakarta.

Lokasi Mie Ayam Sarirasa Jatiayu Kang Slamet berada di sebalah timur dari Kantor Pos cabang Kotagede. Rute termudah dari simpangan Pasar Kotagede-Kantor Pos Kotagede ke arah timur kira-kira 200 meter. Posisi warung berada di sebelah kanan jalan atau selatan dari dari toko mebel. Warung ini tidak menyediakan area parkir karena ukurannya cukup kecil dan berhimpit di tepi jalan. Pengunjung yang membawa kendaraan beroda dua masih bisa parkir menggunakan area tepi jalan. Namun bila membawa kendaraan beroda empat agak sulit memarkir kendaraan karena lebar jalan yang sempit.

Menu yang ditawarkan Warung Mie Ayam Sarirasa Jatiayu Kang Slamet ada 3 (tiga) macam menu yaitu mie ayam, mie ayam extra sawi, dan mie ayam jumbo. Diantara ketika menu yang ditawarkan, saya tertarik pada menu kedua yaitu mie ayam extra sawi. Penyajian menu mie ayam extra sawi disajikan dalam dua mangkok dimana mangkok pertama berisi mie ayam dan mangkok kedua berisi potongan sawi hijau rebus. Mangkok pertama yaitu mangkok mie ayam terdiri dari mie dan topping ayam yang terlihat kental. Porsinya terbilang pas dan cukup mengenyangkan bagi sebagian besar orang. Ukuran mie yang digunakan berdiameter besar dan tidak terlalu panjang khas mie ayam jenis ini. Potongan daging ayam berbentuk dadu dengan ukuran sedang. Selain itu tingkat kematangan potongan sawi hijau rebus cukup pas dan tidak kematangan.

Cita rasa sajian Warung Mie Ayam Sarirasa Jatiayu Kang Slamet didominasi rasa manis dan gurih dengan kadar manis yang masih dalam batas normal. Bagi saya sendiri ada kemiripan rasa dengan Mie Ayam Sarirasa Jatiayu lain milik Pak Darto Bantul. Pengunjung juga dapat menikmati sajian mie ayam ini dengan tambahan pangsit goreng, tahu bakso, dan kerupuk yang disediakan di meja makan.

Hal yang unik dari Warung Mie Ayam Sarirasa Jatiayu Kang Slamet adalah keberadaan gorengan pisang goreng. Cukup jarang warung mie ayam yang menyediakan camilan jenis ini karena dirasa kurang cocok dinikmati bersama dengan sajian mie ayam. Ketika selesai menyantap sajian mie ayam, saya pun penasaran mencicipi pisang gorengnya dan pisang goreng yang disajikan cukup enak dengan kulit tepung yang lunak serta pisang yang pas kematangannya. Harga yang ditawarkan Warung Mie Ayam Sarirasa Jatiayu Kang Slamet Kotagede tergolong murah dan terjangkau. Secara keseluruhan warung mie ayam dapat menjadi salah satu pilihan bersantap mie ayam khas Gunungkidul di sekitar Kotagede Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

Mie Ayam : Rp 8.000,-

Mie Ayam Extra Sawi : Rp 10.000,-

Mie Ayam Jumbo : Rp 12.000,-

Pisang Goreng : Rp 1.500,-

Es Teh : Rp 2.500,-

*update 25 September 2017*

INFORMASI
Mie Ayam Sarirasa Jatiayu Kang Slamet (Putu Pitu)
Jl. Karanglo, Ngori, Kotagede, Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 10.00 s/d 21.00 WIB (habis)

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. putri:

    mie ayam kang slamet enak mantap surantap, tapi dikit banget banyakin lagi dong mie nya biar makannya puas n kenyang, bikin ngiler aja dah… beli sekali jadi ketagihan mau beli lagi, sambel mienya di pedesin lagi kang biar tambah menggelegar..

Kirim pendapat