Mie Ayam Pilist, Lezatnya Mie Ayam Jalan Gatsu Solo

Mie Ayam Pilist, Lezatnya Mie Ayam Jalan Gatsu Solo
3 (60%) 1 vote

Mie Ayam Pilist merupakan daya tarik kuliner mie ayam khas Solo yang berada di pusat kota Solo. Keberadaannya cukup dikenal karena warung ini sudah berdiri cukup lama dan memiliki cita rasa yang cukup lezat. Menu utama dan satu-satunya adalah mie ayam tanpa ada embel-embel dibelakangnya.

Mie Ayam Pilist terletak di Jalan Gatot Subroto No. 169, Jayengan, Serengan, Kota Surakarta 57152.

Lokasi Mie Ayam Pilist berada di sebalah barat Kraton Kasunanan Surakarta tepatnya di Jalan Gatot Subroto. Rute termudah dengan mengikuti petunjuk arah menuju ke Singosaren Plaza. Dari Singosaren Plaza ambil jalan ke arah selatan sejauh 200 meter dan posisi warung mie ayam berada di kiri jalan atau timur jalan. Area parkir yang disediakan hanya untuk kendaraan beroda dua saja atau sepeda motor.

Penyajian Mie Ayam Pilist menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam terdiri dari mie, topping ayam, dan potongan sawi rebus. Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie, dan potongan daun sawi hijau rebus ditaruh pada tepi mangkok, Hidangan pendamping yang disediakan untuk menikmati mie ayam ada ceker ayam, risoles, lumpia, tahu bakso, dan tahu goreng.

Porsi Mie Ayam Pilist terlihat lebih sedikit dibandingkan porsi standar mie ayam pada umumnya. Bakmi atau mie berukuran tanggung dengan bentuk tidak bergelombang. Mie yang digunakan cukup kenyal dengan tingkatan kematangan yang pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong kecil-kecil agak berbentuk dadu tanpa bercampur dengan tulang ayam. Kuahnya terlihat bening kecoklatan karena kuah toppingnya yang encer.

Cita rasa yang ditawarkan Mie Ayam Pilist cenderung gurih dan sedikit manis khas mie ayam Solo. Cita rasa semacam ini cocok untuk semua kalangan penikmat mie ayam yang menyukai rasa manis atau asin yang tidak berlebih. Sedikit kekurangan yang sebenarnya sepele terletak pada porsi yang kurang banyak dan ketiadaan menu mie ayam bakso seperti warung-warung mie ayam saat ini. Secara keseluruhan Warung Mie Ayam Pilist cukup direkomendasikan bagi penikmat kuliner mie ayam khas Solo. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Mie Ayam Pilist
  • 7.8/10
    Mie Ayam - 7.8/10
7.8/10
INFORMASI
Mie Ayam Pilist
Jl. Gatot Subroto No. 169, Jayengan, Serengan, Kota Surakarta 57152

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 11.30 s/d 19.30 WIB

Kirim pendapat