Mie Ayam Pasar Lempuyangan, Sajian Mie Ayam Dengan Telur Rebus

Mie Ayam Pasar Lempuyangan, Sajian Mie Ayam Dengan Telur Rebus
3.5 (70%) 4 votes

Mie Ayam Pasar Lempuyangan merupakan salah satu warung makanan yang berada di kawasan Pasar Lempuyangan Yogyakarta. Warung mie ayam ini sebenarnya tidak memiliki nama. Namun para pembeli mengenalnya sebagai Mie Ayam Pasar Lempuyangan karena satu-satunya penjual mie ayam di dalam kawasan pasar tersebut. Warung mie ayam ini buka menjelang siang hari hingga sore hari.

Mie Ayam Pasar Lempuyangan terletak di Pasar Lempuyangan, Jalan Hayam Wuruk, kelurahan Tegal Panggung, kecamatan Danurejan, kota Yogyakarta.

Lokasi Mie Ayam Pasar Lempuyangan berada di area parkir utama kawasan Pasar Lempuyangan tepatnya pada sisi timur laut dekat dengan pintu masuk. Warung mie ayam ini menempati area bawah tangga dan teras pasar sisi timur laut dimana digunakan secara bergantian dengan warung soto ayam yang buka pada pagi hari. Cukup mudah menemukan warung mie ayam ini karena terlihat jelas dari area parkir. Pengunjung yang datang menggunakan kendaraan roda dua dapat memarkir kendaraannya di area parkir sepeda motor Pasar Lempuyangan yang luas. Menu utama yang ditawarkan warung ini adalah mie ayam biasa dan mie ayam telur.

Penyajian mie ayam telur di Warung Mie Ayam Pasar Lempuyangan menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam terdiri dari mie, topping ayam, potongan sawi rebus, satu potong pangsit goreng, dan telur ayam rebus. Porsi mie ayam bisa dibilang standar porsi mie ayam pada umumnya namun cukup mengenyangkan. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran tanggung dan bentuk tidak bergelombang. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong agak memanjang, berukuran sedang, dan dipisah dari tulang ayam. Potongan daun sawi hijau jumlahnya sedikit daripada biasa. Kuahnya berwarna bening karena kuah topping ayam yang tidak pekat. Untuk telur rebus sendiri direbus secara utuh lepas dari cangkangnya tapi tidak berbentuk seperti telor mata sapi. Pengunjung dapat bebas menambahkan irisan daun loncang yang disediakan pada mangkok di meja makan.

Cita rasa yang ditawarkan sajian mie ayam telur di Warung Mie Ayam Pasar Lempuyangan cenderung gurih tanpa ada dominasi rasa manis dan asin. Penggunaan monosodium glutamat (MSG) atau penyedap rasa buatan masih dalam batas normal. Karakteristik rasa yang ditawarkan tidak seperti Mie Ayam Wonogiri pada umumnya. Walaupun penggunaan tambahan irisan daun loncang merupakan cirikhas utama sajian Mie Ayam Wonogiri. Bagi saya sendiri ada kemiripan rasa dan bumbu dengan Mie Ayam Pak Bagong Gendut di daerah barat kota Yogyakarta. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau untuk ukuran masyarakat setempat dan pengunjung pasar. Secara keseluruhan Warung Mie Ayam Pasar Lempuyangan dapat menjadi alternatif pilihan bersantap di area Pasar Lempuyangan selain Jenang Sumsum dan Warung Lesehan Bu Saring. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

Mie Ayam : Rp 8.000,-

Mie Ayam Telur : Rp 10.000,-

*update 3 Februari 2018*

INFORMASI
Mie Ayam Pasar Lempuyangan
Pasar Lempuyangan, Jalan Hayam Wuruk, kelurahan Tegal Panggung, kecamatan Danurejan, kota Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 11.00 s/d 17.00 WIB

Kirim pendapat