Mie Ayam Pangsit Pak Gun, Tersembunyi Di Perkampungan Samirono

Mie Ayam Pangsit Pak Gun, Tersembunyi Di Perkampungan Samirono
3 (60%) 1 vote

Mie Ayam Pangsit Pak Gun merupakan salah satu warung penjual mie ayam di sekitar Samirono Sleman. Keberadaan warung mie ayam ini cukup dikenal karena berada ditengah-tengah kawasan kos-kosan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan jalan di depan warung menjadi jalan pintas menuju Jalan Solo. Warung ini buka sejak pagi hari hingga sore hari.

Mie Ayam Pangsit Pak Gun terletak di Jl. Anggrek No. 246 Samirono, desa Caturtunggal, kecamatan Depok, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55281.

Lokasi Warung Mie Ayam Pangsit Pak Gun berada di tepi jalan yang membelah area perkampungan penduduk Samirono. Rute menuju warung mie ayam dari perempatan kecil Indomaret Point Colombo ke arah selatan atau masuk ke dalam jalan kampung samping Indomaret. Ikuti jalan masuk sejauh 100 meter dan posisi warung mie ayam tersebut berada di deretan kios selatan masjid. Area parkir yang disediakan hanya untuk kendaraan roda dua saja. Ukuran warung ini cukup sempit dan hanya menampung kurang dari 10 (sepuluh) pelanggan saja. Menu yang ditawarkan antara lain mie ayam, mie ayam pangsit, mie ayam jamur, mie ayam jamur pangsit, mie ayam pangsit bakso, mie ayam jamur bakso, dan mie ayam komplit.

Penyajian menu Mie Ayam Jamur Bakso di Warung Mie Ayam Pangsit Pak Gun antara mie ayam dengan kuahnya dipisah seperti penyajian mie ayam Jakarta atau yammie. Mangkok pertama berisi mie atau bakmi, potongan sawi rebus, topping ayam, topping jamur, dan taburan potongan daun bawang. Mangkok kedua berwarna bening berukuran lebih kecil berisi kuah dan 3 (tiga) buah bakso. Porsi mie ayam bisa dibilang biasa atau standar porsi mie ayam pada umumnya. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran agak kecil, agak panjang, dan tidak bergelombang. Saat dicicipi mienya terasa cukup empuk dengan tingkat kematangan yang pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong lembut, kecil-kecil, dan terpisah dari tulang ayam. Jumlah topping ayamnya terkesan pelit namun tidak terlihat karena tambahan topping jamur. Potongan daun sawi hujau jumlahnya standar namun tidak terkesan pelit. Kuahnya bening dan saat dicicipi terasa gurih seperti kuah pada sajian bakso.

Cita rasa sajian Mie Ayam Jamur Bakso di Warung Mie Ayam Pangsit Pak Gun didominasi rasa gurih, asin, dan segar. Tidak ada cita rasa manis dalam sajian mie ayam ini. Bumbu mie ayam yang digunakan terasa ringan atau tidak pekat seperti mie ayam Jawa yang sering kita nikmati namun bumbunya juga tidak ringan seperti mie ayam Jakarta. Jadi dapat disimpulkan bahwa bumbu yang digunakan adalah perpaduan antara mie ayam Jawa dengan mie ayam Jakarta. Bagi saya pribadi ada kemiripan cita rasa dengan Mie Ayam Pak Kliwon di daerah Wirobrajan yang pernah saya cicipi. Untuk cita rasa baksonya tergolong biasa, terlalu banyak tepung, dan hanya terkesan sebagai pelengkap saja. Harga yang ditawarkan tergolong standar untuk ukuran harga makanan di sekitar kampus UNY. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Mie Ayam Pangsit Pak Gun
  • 6.6/10
    Mie Ayam Jamur Bakso - 6.6/10
  • 6.4/10
    Mie Ayam - 6.4/10
6.5/10
INFORMASI
Mie Ayam Pangsit Pak Gun
Jl. Anggrek No. 246 Samirono, desa Caturtunggal, kecamatan Depok, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55281

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 09.30 s/d 19.00 WIB

Kirim pendapat