Mie Ayam Pakde Wonogiri, Viral Mie Ayam Dengan Topping Melimpah Di Kulon Progo

Mie Ayam Pakde Wonogiri merupakan daya tarik kuliner mie ayam dan bakso di Kulon Progo. Keberadaannya sempat viral dan terkenal di sosial media karena penampilan sajian mie ayam dengan topping memenuhi permukaan mangkuk. Warung mie ayam khas wonogiri yang berdiri pada tahun 2018 ini sukses menarik banyak pengunjung dari dalam dan luar daerah yang penasaran ingin mencicipi cita rasanya. Sekedar info, warung ini belum membuka cabang di tempat lain.

Warung Mie Ayam Pakde Wonogiri beralamat di Jalan Polres Kulon Progo, Karangtengah Kidul, desa Margosari, kecamatan Pengasih, kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta 55652.

Lokasi Warung Mie Ayam Pakde Wonogiri berda di tepi Jalan Tembus Polres Kulon Progo tepatnya di jajaran kios pedagang makanan sebelah utara jembatan perlintasan kereta api. Akses menuju lokasi dapat melewati Jalan Wates kemudian belok melewati Jalan Polres Kulon Progo atau melewati Jalan KRT Kertodiningrat kemudian belok ke arah kiri pada sebuah pertigaan. Area parkir yang disediakan warung mie ayam ini cukup luas untuk menampung puluhan kendaraan roda dua dan beberapa kendaraan roda empat. Pengunjung yang datang dipersilakan memesan menu makanan dan minuman terlebih dahulu kemudian mencari tempat duduk yang masih kosong. Daftar menu makanan dan minuman tercantum dengan jelas berikut dengan daftar harganya. Menu andalan Warung Mie Ayam Pakde adalah mie ayam ekstra ayam, bakso merbabu, dan bakso merapi. Pengunjung yang telah memesan dan membayar dipersilakan duduk di tempat yang telah disediakan Ada dua piihan tempat duduk yaitu duduk di meja kursi dan duduk secara lesehan.

Baca Juga  Bukit Sindet Bantul, Menikmati Senja Dengan Cara Sederhana

Penyajian menu Mie Ayam Ekstra Ayam dan Bakso Kecil di Warung Mie Ayam Pakde Wonogiri menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam terdiri dari mie, topping ayam, potongan sawi rebus, dan 2 (dua) buah bakso sapi berukuran standar.  Pada setiap meja amakn disediakan irisan daun loncang untuk menikmati sajian mie ayam khas Wonogiri. Porsinya bisa dibilang porsi standar untuk ukuran sajian mie ayam jawa meskipn terlihat memenuhi isi mangkuk. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran agak kecil dan bergelombang. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang cukup pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong dadu tidak rata, berukuran sedang, dan bercampur tulang ayam. Potongan daun sawi hijau jumlahnya standar. Kuahnya terlihat melimpah dan kental dari pilihan ekstra topping ayam.

Cita rasa yang ditawarkan sajian Mie Ayam Ekstra ayam dan Bakso Kecil di Warung Mie Ayam Pakde Wonogiri didominasi rasa manis dan gurih tanpa ada sedikitpun cita rasa asin. Penggunaan monosodium glutamat (MSG) cukup terasa baik dari kuah maupun dari topping daging ayam. Bagi saya pribadi ada kemiripan rasa dengan sajian Mie Ayam Pak Pendek namun bisa dibilang lebih manis. Untuk bakso sapinya terasa cukup kenyang namun terlalu banyak tepung dan sedikit rasa daging. Sepertinyaa bakso sapi yang ada hanya menjadi pelengkap dalam sajian mie ayam.

Baca Juga  Bekas Halte Mlati Sleman Yang Membuat Penasaran

Harga makanan dan minuman yang ditawarkan Warung Mie Ayam Pakde Wonogiri tergolong agak mahal untuk warung makan yang berada di tengah-tengah kawasan pedesaan. Secara keseluruhan Warung Mie Ayam Pakde Wonogiri dapat menjadi salah satu pilihan wisata kuliner mie ayam dan bakso di kabupaten Kulon progo tepatnya daerah Pengasih. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Warung Mie Ayam Pakde Wonogiri
Jl. Polres Kulon Progo, Karangtengah Kidul, desa Margosari, kecamatan Pengasih, kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta 55652

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 10.00 s/d 21.00 WIB
Hari Minggu Tutup

Kirim pendapat