Mie Ayam Pak Untung Barat Aniem Kotagede Yogyakarta

Mie Ayam Pak Untung merupakan daya tarik kuliner mie ayam di sekitar Pasar Legi Kotagede. Warung gerobak biru ini terlihat mencolok di samping bangunan bekas gardu listrik jaman Belanda atau yang disebut dengan Gardu Aniem Kotagede. Warung mie ayam ini buka sejak pagi hingga malam hari atau habis.

Lokasi Mie Ayam Pak Untung berada di sisi barat Pasar Kotagede tepatnya di area parkir sepeda motor dan berhimpit dengan Gardu Aniem Kotagede. Warung ini menggunakan gerobak biru khas penjual mie ayam dan satu meja yang dapat ditempati hingga 8 (delapan) orang. Menu utama dan satu-satunya dari warung ini adalah mie ayam tanpa embel-embel bakso ataupun pangsit,

Penyajian mie ayam di Warung Mie Ayam Pak Untung Kotagede Kotagede menggunakan mangkok putih bergambar ayam jago seperti biasa. Porsinya terlihat cukup atau tidak lebih dan tidak kurang. Dalam semangkuk mie ayam terdiri dari bakmi atau mie, potongan daun sawi rebus, dan topping daging ayam. Bakmi atau mie berukuran tanggung dan sedikit bergelombang seperti mie yang digunakan pada mie ayam Jawa umumnya. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong agak berbentuk dadu dan bercampur dengan tulang ayam. Saat mencicipi sajian mie ayam, mienya terasa lembut ketika dikunyah dan cukup dapat menyerap bumbu dari mie ayam sendiri.

Cita rasa yang ditawarkan mie ayam Warung Mie Ayam Pak Untung Kotagede cenderung manis dan gurih dengan kadar rasa manis yang pas atau tidak berlebih. Bumbu yang digunakan tidak ada yang istimewa dan sama seperti sajian mie ayam Jawa berkuah encer pada umumnya. Sebagai perbandingan, ada kemiripan rasa dengan sajian mie ayam di Warung Mie Ayam Dan Bakso Moroseneng Kotagede yang letaknya berdekatan. Harga yang ditawarkan tergolong standar dengan bonus suasana Pasar Kotagede yang terlihat kasih klasik dan tradisional. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Mie Ayam Pak Untung
Overall
6.8/10
6.8/10
  • Mie Ayam - 6.8/10
    6.8/10

Kirim pendapat