Mie Ayam Pak Tupon, Kuliner Mie Ayam Mblusuk Barat Kota Bantul

Mie Ayam Pak Tupon, Kuliner Mie Ayam Mblusuk Barat Kota Bantul
4.3 (85%) 4 votes

Mie Ayam Pak Tupon merupakan daya tarik kuliner mie ayam yang cukup legendaris di dekat kota Bantul. Walaupun tidak diketahui kapan persisnya warung ini berdiri namun bisa diperkirakan warung ini sudah ada lebih dari 1 dekade tahun. Keberadaan warung ini cukup dikenal meskipun lokasinya tersembunyi di tengah-tengah pemukiman warga.

Mie Ayam Pak Tupon beralamat di dusun Karang, desa Ringinharjo, kecamatan Bantul, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi Mie Ayam Pak Tupon berada di daerah Ringinharjo Bantul. Pengunjung yang baru pertama akan menuju ke warung ini biasanya tersesat karena tidak ada papan petunjuk arah menuju ke lokasi. Rute termudah menuju ke lokasi dari Pasar Kota Bantul ke arah selatan hingga perempatan Gose. Dari perempatan Gose ambil jalan ke barat atau ke kanan. Ikuti jalan ke arah barat hingga menemui MTs dan ambil jalan kecil ke selatan hingga menemui masjid sisi kanan jalan. Ambil jalan kecil ke kanan setelah masjid hingga tiba di warung mie ayam tersebut. Akses menuju warung ini hanya dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua karena jalannya cukup sempit di tengah-tengah pemukiman warga.

Warung Mie Ayam Pak Tupon menggunakan bangunan semi permanen dengan dinding terbuka sehingga udara terasa cukup sejuk. Ada dua pilihan tempat menikmati mie ayam yaitu secara lesehan atau dibawah dan duduk diatas kursi. Menu yang disediakan warung mie ayam ini antara lain mie ayam, mie ayam jumbo, mie ayam bakso, dan es asem.

Penyajian mie ayam di Warung Mie Ayam Pak Tupon menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam terdiri dari mie, topping ayam, dan potongan sawi rebus. Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus, dan topping daging ayam ditaruh pada tepi mangkok. Porsi mie ayam bisa dibilang biasa atau standar porsi mie ayam pada umumnya. Bakmi atau mie yang digunakan merupakan mie yang dibuat sendiri dengan ukuran tanggung dan bentuk tidak bergelombang. Mie yang digunakan cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong agak berbentuk dadu, berukuran sedang, dan dipisah dari tulang ayam. Potongan daun sawi hijaunya agak terlalu kecil dan jumlahnya sedikit. Kuahnya berwarna bening kecoklatan karena bercampur dengan kuah topping ayam.

Ada cita rasa klasik pada sajian Mie Ayam Pak Tupon ini dengan rasa yang dominan gurih dan sedikit rasa asin. Bumbu rempahnya cukup terasa seperti rempah kare namun tidak tajam dan cukup nyaman untuk dinikmati. Bagi saya pribadi ada kemiripan rasa dan bumbu dengan sajian mie ayam di Warung Mie Ayam Tidar di daerah Bangunjiwo Bantul. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan tergolong standar harga mie ayam di sekitar Bantul. Secara keseluruhan warung mie ayam ini cukup direkomendasikan untuk dikunjungi ketika berada di kota Bantul. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

Mie Ayam : Rp 7.000,-

*update 3 Januari 2018*

INFORMASI
Mie Ayam Pak Tupon
Dusun Karang, Desa Ringinharjo, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 08.30 s/d 15.00 WIB
Jumat Libur

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. anfil:

    7.9 ??

Kirim pendapat