Mie Ayam Pak Tarzan, Sajian Mie Ayam Di Tengah Perkampungan Baciro Yogyakarta

Mie Ayam Pak Tarzan, Sajian Mie Ayam Di Tengah Perkampungan Baciro Yogyakarta
Rate this post

Mie Ayam Pak Tarzan merupakan salah satu penjual mie ayam yang membuka dagangannya di tengah-tengah perkampungan Baciro Yogyakarta. Keberadaan warung mie ayam ini hampir dua dekade dan cukup dikenal oleh penduduk yang pernah tinggal di sekitar daerah tersebut. Pada awalnya mie ayam ini merupakan mie ayam keliling yang akhirnya berhenti menggelar dagangannya di depan warung makan menggunakan tenda sederhana.

Warung Mie Ayam Pak Tarzan terletak di Kampung Gendheng, Jalan Kusuma No. 834, kelurahan Baciro, kecamatan Gondokusuman, kota Yogyakarta.

Lokasi Mie Ayam Pak Tarzan berada di tengah-tengah area perkampungan Baciro Yogyakarta. Rute termudah dengan mengikuti petunjuk jalan menuju Pasar Talok Baciro Yogyakarta. Dari Pasar Talok arahkan ke timur hingga menemui pertigaan kecil. Ambil jalan ke kanan atau arah selatan hingga menemui perempatan jalan. Pilihlah jalan ke kiri atau ketimur dan warung mie ayam tersebut sudah terlihat di sisi kanan jalan tepat pada tikungan jalan. Area parkir yang disediakan sebenarnya tidak tersedia karena menggunakan area tepi jalan perkampungan yang sempit. Pengunjung yang ingin mencicipi sajian mie ayam ini diharpakan membawa kendaraan roda dua saja dan merapikan parkir di tepi jalan agar tidak mengganggu pengguna jalan yang lain.

Penyajian mie ayam di Warung Mie Ayam Pak Tarzan menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam bakso terdiri dari mie, topping ayam, dan potongan sawi rebus. Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus ditaruh pada tepi agak dasar mangkok, dan topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie. Porsi mie ayam bisa dibilang standar porsi mie ayam pada umumnya namun cukup mengenyangkan. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran agak kecil dan bentuk sedikit bergelombang. Bentuk mie yang digunakan saya perhatikan memiliki tekstur yang mirip dengan sajian mie ayam di Warung Mie Ayam Pak Heri Sleman. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong dadu, berukuran agak kecil, dan bercampur dengan tulang ayam. Potongan daun sawi hujau jumlahnya standar namun tidak terkesan pelit. Kuahnya terlihat agak kecoklatan karena kuah toppingnya yang encer namun berwarna coklat.

Cita rasa mie ayam yang disajikan Warung Mie Ayam Pak Tarzan cenderung manis dan gurih. Bumbu rempah dalam mie ayam cukup terasa namun masih nyaman untuk dinikmati. Bagi saya pribadi ada kemiripan bumbu rempah dengan Mie Ayam Miroso yang pernah saya cicipi namun tidak terlalu manis. Harga yang ditawarkan tergolong murah untuk ukuran harga mie ayam di sekitar kota Yogyakarta. Secara keseluruhan Warung Mie Ayam Pak Tarzan dapat menajdi salah satu wisata kuliner mie ayam murahdengan rasa yang menarik di sekitar yYogyakarta. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

Mie Ayam : Rp 5.000,-

*update 7 April 2018*

INFORMASI
Warung Mie Ayam Pak Tarzan
Jl. Kusuma No. 834, kelurahan Baciro, kecamatan Gondokusuman, kota Yogyakarta

jam Buka
Setiap hari mulai pukul 11.00 s/d 16.00 WIB (habis)

Kirim pendapat