Mie Ayam Pak Tarno, Pilihan Mie Ayam Depan Gerbang ISI Jogja

Mie Ayam Pak Tarno, Pilihan Mie Ayam Depan Gerbang ISI Jogja
3.7 (73.33%) 3 votes

Mie Ayam Pak Tarno merupakan salah satu warung penjual mie ayam di sekitar Jalan Parangtritis dan kampus ISI Yogyakarta tepatnya di depan gerbang masuk kampus ISI. Keberadaan warung mie ayam ini terbilang sudah cukup lama meski tidak diketahui kapan berdirinya. Warung ini buka sejak siang hari hingga menjelang malam hari.

Mie Ayam Pak Tarno terletak di depan gerbang utama kampus ISI Yogyakarta, Jalan Parangtritis km .5, desa Panggungharjo, kecamatan Sewon, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi Mie Ayam Pak Tarno berada di depan atau seberang dari gerbang utama masuk kampus Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Yogyakarta) Jalan Parangtritis. Warung mie ayam ini berukuran kecil dan kurang terlihat jelas dari tepi jalan. Area parkir yang disediakan hanya untuk kendaraan roda dua dan jumlahnya cukup terbatas. Menu satu-satunya yang ditawarkan warung ini adalah mie ayam biasa yang berarti tidak ada variasi penyajian seperti mie ayam bakso, mie ayam ceker, dan sebagainya.

Penyajian Mie Ayam di Warung Mie Ayam Pak Tarno Bantul menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam terdiri dari mie, topping ayam, dan potongan sawi rebus. Porsi mie ayam bisa dibilang standar porsi mie ayam pada umumnya namun cukup mengenyangkan. Bakmi atau mie yang digunakan merupakan mie yang dibuat sendiri dengan ukuran agak besar dan bentuk tidak bergelombang. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong agak memanjang, berukuran sedang, dan dipisah dari tulang ayam. Potongan daun sawi hijau jumlahnya sedikit daripada biasa. Kuahnya berwarna bening kecoklatan karena kuah topping ayam yang tidak pekat.

Cita rasa yang ditawarkan cenderung manis, sedikit asin, dan gurih khas mie ayam Jawa namun tidak berlebih. Bagi saya pribadi ada kemiripan cita rasa dengan Mie Ayam Moroseneng dan Mie Ayam Takeshi. Bila masih kurang puas dengan sajian mie ayam biasa, ada hidangan pendamping yaitu pangsit goreng yang dikemas dalam bungkus plastik dan kerupuk. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau untuk ukuran masyarakat setempat dan mahasiswa. Secara keseluruhan warung mie ayam ini layak direkomendasikan di sekitar kampus ISI Jalan Parangtritis Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

Mie Ayam : Rp 7.000,-

Pangist Goreng : Rp 1.000,-

Jeruk/Teh : Rp 2.000,-

*update 6 Januari 2018*

INFORMASI
Mie Ayam Pak Tarno
Jl. Parangtritis km .5, desa Panggungharjo, kecamatan Sewon, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Kirim pendapat