Mie Ayam Pak Suro, Warung Mie Ayam Legendaris Dan Termurah Di Klaten

Mie Ayam Pak Suro, Warung Mie Ayam Legendaris Dan Termurah Di Klaten
3.7 (73.33%) 3 vote[s]

Mie Ayam Pak Suro yang berada di daerah Kebondalem Lor merupakan mie ayam yang cukup legendaris. Daya tarik utamanya pada harga mie ayam yang super murah dengan cita rasa yang menarik dicicipi. Keberadaannya telah ada sekitar 3 dekade tahun lalu atau sekitar 30 tahun. Saat ini usaha jualan mie ayam diteruskan oleh istri dan anak-anaknya di tempat yang sama.

Mie Ayam Pak Suro terletak di seberang Pasar Nasakom, Jalan Prambanan-Manisrenggo, desa Kebondalem Lor, kecamatan Prambanan, kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Lokasi Warung Mie Ayam Pak Suro berada di seberang Pasar Nasakom Kebonagung Lor atau samping PDAM. Rute termudah menuju tempat ini dari perempatan Taman Wisata Candi Prambanan – Jalan Solo ke arah timur hingga menemukan perempatan dengan lampu lalu lintas. Ambil jalan ke kiri mengikuti petunjuk arah menuju ke Candi Plaosan. Ikuti jalan tersebut lurus sekitar 2-3 kilometer hingga menemukan pusat desa Kebondalem Lor dan sebuah pasar. Posisi warung mie ayam berada di seberang Pasar Nasakom dengan ciri warung semi permanen yang terbuat dari kayu. Area parkir yang disediakan hanya untuk kendaraan roda dua saja. Diharapkan pengunjung warung memarkir kendaraan dengan rapi karena tidak ada petugas parkir. Menu yang ditawarkan antara lain mie ayam bakso dan bakso sapi.

Penyajian Mie Ayam Bakso di Warung Mie Ayam Pak Suro menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam bakso terdiri dari mie, topping ayam, potongan sawi rebus dan bakso sapi. Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus ditaruh pada tepi agak dasar mangkok, topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie, dan 5 (lima) buah bakso sapi berukuran kecil dibagian tepi.

Baca Juga  Warung Makan Khas Bali Putra Yogyakarta

Porsi Mie Ayam Bakso di Warung Mie Ayam Pak Suro terlihat lebih sedikit dibandingkan porsi mie ayam pada umumnya. Bakmi atau mie berukuran tanggung dengan bentuk tidak bergelombang. Mie yang digunakan sepertinya dibuat sendiri oleh penjualnya. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong agak berbentuk dadu bercampur dengan tulang ayam. Bagi sebagian orang, adanya tulang ayam pada topping ayam kurang disukai dan dihindari. Saat mencicipinya mie yang digunakan cukup kenyal dengan tingkatan kematangan yang pas. Kuahnya terlihat bening karena kuah toppingnya yang encer. Cita rasa yang ditawarkan cenderung gurih dan sedikit condong ke arah asin. Hanya saja penggunaan penguat rasa atau monosodium glutamat (MSG) sedikit berlebih. Hal semacam ini bagi sebagian orang dihindari karena merusak cita rasa aslinya dan membuat pusing setelah memakannya. Disarankan ketika memesan menggunakan sedikit penguat rasa atau tidak sama sekali. Bagi saya pribadi, cita rasa yang ditawarkan ada kemiripan rasa dengan sajian mie ayam di Warung Bakso Pak Granat,

Penyajian Bakso Sapi di Warung Mie Ayam Pak Suro terdiri dari 7 (tujuh) bakso sapi berukuan kecil-kecil, bakmi kuning, bakmi putih (bihun), potongan tahu goreng, taburan potongan daun seledri, dan taburan bawang merah goreng. Kemasan bakso sapi di warung ini terlihat klasik atau tempo dulu karena tidak menggunakan pangsit ataupun bakso goreng. Cita rasa bakso sapinya tergolong biasa dan terlalu banyak tepung. Sama seperti sajian mie ayam bakso, di sajian bakso sapi ini juga berlebih penggunaan penguat rasa atau monosodium glutamat (MSG) Hal semacam ini bagi sebagian orang dihindari karena merusak cita rasa aslinya dan membuat pusing setelah memakannya Disarankan ketika memesan menggunakan sedikit penguat rasa atau tidak sama sekali. Alternatif lain bila Anda ingin menikmati bakso dengan cita rasa klasik silakan kunjungi Bakso Kang Gandul di daerah Maguwoharjo Sleman. Daya tarik lain dari Warung Mie Ayam Pak Suro adalah gorengan tempe tahu yang menarik untuk dicoba. Sajian ini ukurannya besar, terlihat menarik, dan masih hangat jarena baru saja diangkat dari penggorengan.

Baca Juga  3 Potensi Wisata Air Terjun Di Brebes

Hal paling utama yang membuat heran dan kagum pada Warung Mie Ayam Pak Suro sebenarnya adalah harga menu makanan yang sangat murah. Harga mie ayam bakso hanya 1/3 (sepertiga) atau hampir 1/4 (seperempat) harga mie ayam bakso yang dijual di warung-warung lain yang berada disekitarnya. Sepertinya pemilik warung sengaja mencari untung sedikit pada sajian mie ayam dan hanya mengambil keuntungan pada minuman yang dijual saja. Secara keseluruhan warung mie ayam bakso ini menarik dikunjungi untuk membuktikan rasa sekaligus harga yang ditawarkan. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

Mie Ayam Bakso : Rp 3.000,-

Bakso Sapi : Rp 3.000,-

Gorengan : Rp 500,-

Rambak : Rp 500,-

Kerupuk : Rp 500,-

*update 16 Desember 2017*

Penilaian Menu Mie Ayam Pak Suro
  • 6.8/10
    Mie Ayam Bakso - 6.8/10
  • 6.2/10
    Bakso Sapi - 6.2/10
6.5/10
INFORMASI
Mie Ayam Pak Suro
Jl. Prambanan-Manisrenggo, desa Kebondalem Lor, kecamatan Prambanan, kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 09.00 s/d 18.00 WIB

Kirim pendapat