Mie Ayam Pak Pendek Timur Bonbin Yogyakarta

Mie Ayam Pak Pendek Timur Bonbin merupakan salah satu warung mie ayam yang menggunakan embel-embel nama “pak pendek”. Namun warung ini tidak memiliki kaitan dengan warung bernama “pak pendek” yang lain seperti Mie Ayam Pak Pendek Lapangan Karang Kotagede. Penjualnya pun berfisik normal atau tidak “pendek” seperti nama sebutannya. Keberadaannya menjadi terkenal ketika banyak diperbincangkan di sosial media.

Mie Ayam Pak Pendek Timur Bonbin terletak di Gang Kartika III, Jalan Babadan, kecamatan Banguntapan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi Warung Mie Ayam Pak Pendek Timur Bonbin berada di sebelah timur dari Kebun Binatang Gembira Loka (GLZoo) Yogyakarta. Rute termudah dari pusat kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan Kusumanegara. Setelah melewati jembatan Sungai Gajah Wong dan Kebun Binatang Gembira Loka, arahkan kendaraan ke arah timur sekitar 200 meter. Selanjutnya ada pertigaan ke arah kiri masuk ke jalan kecil dan posisi warung berada di kanan jalan. Area parkir yang disediakan terbatas untuk kendaraan beroda dua saja.

Penyajian Mie Ayam Bakso di Warung Mie Ayam Pak Pendek Timur Bonbin menggunakan dua buah mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Mangkok pertama berisi mie ayam yang terdiri dari bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus ditaruh pada tepi agak dasar mangkok, topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie, dan sebuah bakso sapi dibelah menjadi empat diletakkan pada bagian tepi. Sedangkan mangkok kedua berisi pangsit goreng dengan porsi yang hampir memenuhi mangkok.

Baca Juga  Mie Ayam Sukowati, Cita Rasa Mie Ayam Sragen Di Kota Gudeg

Porsi Mie Ayam Bakso di Warung Mie Ayam Pak Pendek Timur Bonbin terlihat biasa atau standar porsi mie ayam pada umumnya. Bakmi atau mie berukuran tanggung dengan bentuk tidak bergelombang. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong agak berbentuk dadu bercampur dengan tulang ayam. Bagi sebagian orang, adanya tulang ayam pada topping ayam kurang disukai dan dihindari. Mie yang digunakan cukup kenyal dengan tingkatan kematangan yang pas. Kuahnya terlihat bening namun menjadi keruh ketika dicampur dengan toppingnya. Bakso sapi yang menjadi pelengkap hidangan mie ayam terasa kenyal namun terasa banyak campuran tepung dan penguat rasa. Secara keseluruhan cita rasa mie ayam yang ditawarkan cukup gurih dengan kombinasi rasa manis dan asin yang tidak berlebihan. Bagi saya pribadi cita rasa mie ayamnya ada kemiripan dengan cita rasa Mie Ayam Cak Iwan Yogyakarta.

Penyajian Bakso Sapi Komplit di Warung Mie Ayam Pak Pendek Timur Bonbin terdiri dari 1 (satu) bakso sapi yang dibelah menjadi empat, bakmi putih atau bihun, potongan tahu, dan pangsit goreng kecil-kecil. Selama menikmati sajian bakso baru kali ini saya mendapati bakso komplit dengan satu buah bakso sapi saja yang ukurannya terhitung standar atau biasa. Kebanyakan bakso sapi yang jumlahnya hanya satu dalam satu porsi biasanya berukuran besar atau jumbo. Selain itu cita rasa bakso sapinya tergolong biasa dan terlalu banyak tepung dan penguat rasa. Secara keseluruhan, daya tarik dan rekomendasi lebih pada sajian mie ayamnya daripada bakso sapinya. Harga yang ditawarkan Warung Mie Ayam Pak Pendek Timur Bonbin tergolong standar untuk ukuran haga mie ayam di sekitar Yogyakarta dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. (text/foto: annosmile)

CABANG
  • Pusat. Gang Kartika III, Jalan Babadan, kecamatan Banguntapan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta
  • Cabang 1. Jalan Wonosari km 1, kelurahan Ketandan, kecamatan Banguntapan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta (lampu merah PLN Gedongkuning)
DAFTAR MENU

Mie Ayam : Rp 8.000,-

Baca Juga  Mengingat Sejarah di Museum Perjuangan Yogyakarta

Mie Ayam extra Ayam : Rp 11.000,-

Mie Ayam Bakso : Rp 12.000,-

Bakso Sapi : 10.000,-

*update harga 14 Desember 2017*

Penilaian Menu Penyajian Mie Ayam Bakso di Warung Mie Ayam Pak Pendek Timur Bonbin
Overall
6.9/10
6.9/10
  • Mie Ayam - 7.2/10
    7.2/10
  • Mie Ayam Bakso - 7.4/10
    7.4/10
  • Bakso Sapi - 6.1/10
    6.1/10
INFORMASI
Mie Ayam Pak Pendek Timur Bonbin
Gang Kartika III, Jalan Babadan, kecamatan Banguntapan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 10.00 s/d 21.00

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. anfil:

    Kejam..over all ra tekan 7 hhhh,
    Nilai plus bagi ya pangsit semangkok itu

Kirim pendapat