Mie Ayam Pak Pendek, Mie Ayam Legendaris Dari Lapangan Karang Kotagede

Mie Ayam Pak Pendek, Mie Ayam Legendaris Dari Lapangan Karang Kotagede
2.8 (56.67%) 6 votes

Mie Ayam Pak Pendek Kotagede merupakan salah satu warung mie ayam yang menggunakan embel-embel nama “pak pendek”. Namanya sering dikaitkan dengan Mie Ayam Pak Pendek yang berada di timur Kebun Binatang Gembira Loka padahal tidak memiliki hubungan apapun. Warung mie ayam ini dapat dikatakan legendaris karena buka menetap di Lapangan Karang sejak tahun 2002 dan sebelumnya berkeliling mulai tahun 2000. Menu yang ditawarkan adalah mie ayam tanpa adanya tambahan seperti pangsit dan bakso.

Mie Ayam Pak Pendek Kotagede terletak di Lapangan Karang, Jalan Nyi Pembayun, kelurahan Prenggan, kecamatan Kotagede, DI Yogyakarta.

Lokasi Warung Mie Ayam Pak Pendek Kotagede berada di sisi barat Lapangan Karang Kotagede. Nama Lapangan Karang bagi pecinta kuliner teringat akan kuliner sate sapi khas Kotagede yaitu Sate Sapi Karang Pak Prapto yang buka pada malam hari. Rute menuju ke warung mie ayam ini ada tiga cara yaitu dari arah utara, barat, dan timur Kotagede. Dari utara Kotagede melewati Jalan Kemasan kemudian pada pertigaan kecil Pegadaian Kotagede. Pilihlah jalan ke kanan (barat) dan sekitar 100 meter tiba di Lapangan Karang. Dari arah barat melewati Jalan Tegal Gendu ke arah timur hingga pertigaan HS Silver. Pilihlah jalan ke arah kiri (utara) dan susurilah jalan tersebut hingga tiba di Lapangan Karang. Cara terakhir yaitu dari timur ke menuju Pasar Legi Kotagede kemudian belok ke arah utara melewati Jalan Kemasan. Pada pertigaan Pegadaian Kotagede pilih jalan ke arah kiri (barat) dan sekitar 100 meter tiba di lokasi.

Penyajian menu mie ayam di Warung Mie Ayam Pak Pendek Kotagede menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam terdiri dari mie, topping ayam, potongan sawi rebus, dan taburan potongan daun loncang. Porsinya sedikit lebih banyak dibandingkan porsi mie ayam pada umumnya namun belum bisa dikatakan porsi jumbo. Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus ditaruh pada tepi agak dasar mangkok, topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie, dan taburan potongan daun loncang disebelah topping ayam. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran agak kecil, agak bergelombang, dan mie tersebut dibuat sendiri. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang cukup pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong suwir, berukuran besar, dan terpisah dari tulang ayam. Potongan daun sawi hijau jumlahnya standar.

Cita rasa sajian mie ayam di Warung Mie Ayam Pak Pendek Kotagede cenderung gurih dengan rasa sedikit asin. Bila diamati cita rasa asin lebih kuat daripada cita rasa manis. Bagi saya pribadi ada kemiripan cita rasa bumbu dengan Mie Ayam TPMC atau Sekarsuli. Menurut beberapa teman yang pernah mengunjungi warung ini beberapa kali, cita rasa yang ditawarkan kurang konsisten. Kadang sajian mie ayamnya terasa manis, kadang terasa asin, dan kadang cita rasa ditengah-tengahnya antara manis asin. Penggunaan monosodium glutamat (MSG) masih dalam batas normal meskipun cukup terasa dilidah. Harga yang ditawarkan tergolong standar untuk ukuran harga mie ayam di sekitar kota Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Mie Ayam Pak Pendek Kotagede
  • 7.1/10
    Mie Ayam - 7.1/10
7.1/10
INFORMASI
Mie Ayam Pak Pendek Kotagede
Lapangan Karang, Jl. Nyi Pembayun, kelurahan Prenggan, kecamatan Kotagede, DI Yogyakarta

Jam Buka
Setiap Hari mulai pukul 10.00 s/d 18.00 WIB (habis)

Kirim pendapat