Mie Ayam Pak Man Sentolo, Favorit Bagi Sebagian Orang Yang Melintas

Mie Ayam Pak Man merupakan salah satu warung penjual mie ayam yang cukup favorit di daerah Sentolo Kulon Progo. Keberadaannya cukup dikenal karena memiliki cita rasa yang khas sebagai mie ayam original atau asli tanpa ada tambahan seperti pangsit goreng, pangsit rebus, bakso sapi, dan sebagainya. Sedikit informasi, warung mie ayam ini buka dari pagi hari hingga enjelang malam hari.

Warung Mie Ayam Pak Man beralamat di Jalan Raya Wates km 17,5, dusun Siwalan, desa Kali Bondol, kecamatan Sentolo, kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Lokasi Warung Mie Ayam Pak Man berada di tepi Jalan Raya Jogja-Wates tepatnya di daerah Sentolo. Posisi warung ini berada di dekat gerbang masuk SMP Negeri 1 Sentolo atau beberapa ratus meter dari pertigaan Pasar Sentolo Lama dan Stasiun Sentolo dari arah kota Yogyakarta. Walaupun di tepi jalan agak sulit menemukan warung ini karena ukurannya yang kecil dan berada di epi jalur cepat kendaraan. Area parkir yang disediakan cukup terbatas untuk kendaraan roda dua sajakarena warung ini cukup mepet dengan tepi jalan dan hanya menyisakan area sekitar 1 (satu) meter. Menu sajian mie ayam yang ditawarkan dan satu-satunya adalah mie ayam tanpa ada variasi.

Penyajian menu mie ayam di Warung Mie Ayam Pak Man menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam terdiri dari mie, topping ayam, dan potongan sawi rebus. Porsinya bisa dibilang porsi standar untuk ukuran sajian mie ayam jawa. Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus ditaruh pada tepi agak dasar mangkok, dan topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran agak kecil, panjang, dan bergelombang. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dan agak kaku dengan tingkat kematangan yang cukup pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong suwir tidak rata, berukuran agak besar, dan tidak bercampur tulang ayam. Hanya saja jumlah daging ayamnya terkesan pelit dan terlihat sedikit. Potongan daun sawi hijau jumlahnya standar.

Baca Juga  Kupat Tahu Pak Slamet, Pilihan Kuliner Kupat Tahu Di Pusat Kota Magelang

Cita rasa sajian mie ayam di Warung Mie Ayam Pak Man cenderung gurih dengan rasa sedikit manis dan asin. Bumbu mie ayam terasa ringan, tidak berasa rempah, namun berbeda dengan Mie Ayam Jakarta. Kuah mie ayam menggunakan kaldu ayam dan hal ini cukup jarang ditemui pada sajian mie ayam. Penggunaan kaldu ayam ini dimaksudkan untuk menghindari penggunaan monosodium glutamat (MSG) atau penyedap rasa buatan. Harga yang ditawarkan tergolong mahal untuk ukuran harga mie ayam di daerah Kulon Progo. Secara keseluruhan warung mie ayam ini menarik untuk dicoba bagi penggemar mie ayam yang menyukai sajian mie ayam asli atau klasik tanpa ada variasi atau tambahan menu. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Mie Ayam Pak Man
  • 6.9/10
    Mie Ayam - 6.9/10
6.9/10
INFORMASI
Warung Mie Ayam Pak Man
Jl. Raya Wates km 17,5, dusun Siwalan, desa Kali Bondol, kecamatan Sentolo, kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 09.00 s/d 20.30 WIB

Kirim pendapat