Mie Ayam Pak Kliwon, Legenda Mie Ayam Gerobak Biru Utara SMA Teladan Yogyakarta

Mie Ayam Pak Kliwon, Legenda Mie Ayam Gerobak Biru Utara SMA Teladan Yogyakarta
3 (60%) 1 vote

Mie Ayam Pak Kliwon merupakan salah satu mie ayam gerobak biru yang cukup legendaris di kota Yogyakarta. Keberadaannya konon mulai ada sejak era tahun 90an. Menurut informasi warung mie ayam ini sempat digusur tidak boleh berjualan lagi di daerah ini namun akhirnya diperbolehkan berjualan kembali dengan beberapa catatan.

Mie Ayam Pak Kiiwon terletak di Jalan Prof. Dr. Amri Yahya, kelurahan Pekuncen, kecamatan Wirobrajan, kota Yogyakarta.

Lokasi Mie Ayam Pak Kliwon berada di sebelah utara SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta berhimpit dengan Jogja National Museum (JNM). Kendaraan pengunjung dapat diparkir di tepi jalan karena warung ini tidak menyediakan tempat parkir. Menu yang ditawarkan antara lain mie ayam, mie ayam jamur, mie ayam pangsit, dan mie ayam pangsit jamur.

Penyajian Mie Ayam Pangsit Jamur di Warung Mie Ayam Pak Kliwon menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam pangsit jamur terdiri dari mie, topping ayam dan jamur, potongan sawi rebus, dua buah pangsit rebus, dan taburan potongan daun bawang. Porsinya terlihat biasa atau sedikit terlihat kurang dibandingkan porsi mie ayam pada umumnya. Topping daging ayam dengan bentuk ayam potong dadu berukuran kecil-kecil dan jumlahnya sedikit. Tambahan jamur tidak terlihat karena potongannya lebih kecil dibandingkan potongan daging ayam. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran kecil mirip seperti sajian mie ayam Jakarta. Dua buah pangsit rebus terlihat tenggelam di dalam mie dan baru keliatan ketika diaduk. Potongan daun sawi hijau rebus dalam mangkok jumlahnya sedikit atau kurang daripada umumnya. Selain itu sajian mie ayam di warung ini mendapat tambahan taburan potongan daun bawang.

Cita rasa sajian Mie Ayam Pangsit Jamur di Warung Mie Ayam Pak Kliwon di dominasi rasa gurih, asin, dan segar. Bumbu mie ayam yang digunakan terasa ringan atau tidak pekat seperti mie ayam Jawa yang sering kita nikmati. Namun bumbunya juga tidak ringan seperti mie ayam Jakarta. Jadi dapat disimpulkan bahwa bumbu yang digunakan adalah perpaduan antara mie ayam Jawa dengan mie ayam Jakarta. Untuk rasa pangsit rebusnya sendiri tergolong standar namun cukup menarik mengingat sebagian besar mie ayam Jawa atau mie ayam gerobak dorong menggunakan pangsit rebus.

Sedikit saran dari saya bila dapat menikmati mie ayam di Warung Mie Ayam Pak Kliwon untuk memesan menu mie ayam pangsit saja karena mie ayam pangsit jamur kurang direkomendasikan. Harga yang ditawarkan cukup murah dan nyaman dikantong para pelajar karena berjualan di dekat area sekolahan. Secara keseluruhan Warung Mie Ayam Pak Kliwon dapat menjadi salah satu tempat wisata kuliner mie ayam gerobak biru yang legendaris dan murah di sekitar kota Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

Mie Ayam : Rp 5.000,-

Mie Ayam Pangsit : Rp 6.000,-

Mie Ayam Jamur : Rp 6.000,-

Mie Ayam Pangsit Jamur : Rp 7.000,-

*update 14 November 2017*

INFORMASI
Mie Ayam Pak Kiiwon
Jl. Prof. Dr. Amri Yahya, Pekuncen, Wirobrajan, Yogyakarta (utara SMA Negeri 1 Yogyakarta)

Jam Buka
Senin-Jumat mulai pukul 12.00 s/d 17.00 WIB

Kirim pendapat