Mie Ayam Pak Jo Prambanan Piyungan Yang Terasa Biasa

Mie Ayam Pak Jo merupakan salah satu warung yang menjual hidangan mie ayam, bakso, dan soto sekaligus di tepi Jalan Raya Prambanan Piyungan Sleman. Namanya memiliki kesamaan nama dengan Warung Bakso Sapi dan Mie Ayam Pak Jo di Jalan Colombo Yogyakarta. Entah apakah keduanya memang ada keterkaitan atau hanya kebetulan memiliki nama yang sama.

Mie Ayam Pak Jo beralamat di Jalan Raya Prambanan-Piyungan, desa Bokoharjo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Lokasi Warung Mie Ayam Pak Jo berada di tepi Jalan Raya Prambanan Piyungan tepatnya di sebalah selatan pertigaan menuju ke arah Kraton Ratu Boko dan Candi Banyunibo. Posisi warung berada di sebelah kanan jalan atau barat jalan. Menu utama yang ditawarkan warung ini adalah tiga macam yaitu mie ayam, bakso, dan soto. Saat ini cukup jarang atau mulai jarang warung yang menjual tiga menu yang berbeda karena rata-rata saat ini warung-warung mulai menunjukkan spesifikasi menu seperti warung mie ayam saja atau warung bakso saja.

Porsi mie ayam di Warung Mie Ayam Pak Jo tergolong sedikit dibandingkan porsi mie ayam Jawa pada umumnya. Topping daging ayam diletakkan pada bagian atas dan jumlahnya sedikit atau bisa dibilang pelit. Potongan daun sawi hijau rebus terlihat sedikit dan tenggelam di dasar mangkok. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran tipis dan lurus seperti mie yang digunakan pada mie ayam Jakarta. Saat dikunyah mie tersebut terasa sedikit kenyal dan lembut di mulut.

Baca Juga  Soto Sewu Bantul, Kuliner Soto Termurah Dengan Cita Rasa Unik

Cita rasa yang ditawarkan dari sajian mie ayam ini adalah rasa gurih bercampur asin tanpa ada cita rasa manis. Bila dibilang kombinasi rasa antara mie ayam Jawa dengan mie ayam Jakarta dengan cita rasa gurih dan asin. Bagi saya pribadi cita rasa ini mengingatkan pada sajian Mie Ayam 43 Gejayan yang pernah saya cicipi. Bagi sebagian penikmat kuliner mie ayam Jawa, rasa seperti ini membuat mereka sedikit kecewa karena mereka berharap ada cita rasa manis dalam sajian mie ayam tersebut. Harga yang ditawarkan Warung Mie Ayam Pak Jo Sleman tergolong mahal untuk ukuran harga mie ayam serta tidak sebanding dengan porsi dan daya tarik rasa yang ditawarkan. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Mie Ayam Pak Jo
Overall
6.7/10
6.7/10
  • Mie Ayam - 6.5/10
    6.5/10
  • Bakso Sapi - 6.8/10
    6.8/10

Kirim pendapat