Mie Ayam Pak Jo Bantul, Mie Ayam Super Murah Dengan Porsi Jumbo

Mie Ayam Pak Jo Bantul, Mie Ayam Super Murah Dengan Porsi Jumbo
3.5 (70%) 2 votes

Mie Ayam Pak Jo atau dikenal dengan Mie Ayam Pak Jo Tangkilan merupakan salah satu warung mie ayam yang cukup legendaris dan terkenal dengan harganya yang super murah di daerah Bambanglipuro Bantul. Keberadaan warung ini sudah cukup lama dan kono telah berdiri sejak kiasaran tahun 90an. Pemilik warung hingga saat ini masih setia melayani pembeli di warung mie ayam yang menjadi satu dengan bangunan rumah tempat tinggalnya.

Warung Mie Ayam Pak Jo terletak di RT 09, dusun Tangkilan, desa Sumbermulyo, kecamatan Bambanglipuro, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi Mie Ayam Pak Jo cukup tersembunyi di tengah-tengah pemukiman penduduk dusun Tangkilan. Rute dari pusat kota Bantul ke arah selatan menuju Jalan Samas melewati perempatan Palbapang. Ketika tiba di pertigaan dimana ke arah kiri menuju Gereja Ganjuran masih lurus ke arah selatan. Sekitar 700 meter berselang carilah tower seluler di kiri jalan kemudian masuklah ke dalam gang yang mengarah ke tengah-tengah pemukiman penduduk di dusun Tangkilan. Posisi warung mie ayam berada di ujung dusun Tangkilan dan dekat dengan pemakaman umum desa. Akses menuju warung mie ayam ini lebih mudah menggunakan kendaraan roda dua karena sempitnya gang masuk ke tengah pemukiman.

Penyajian mie ayam di Warung Mie Ayam Pak Jo menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam bakso terdiri dari mie, topping ayam, dan potongan sawi rebus. Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus ditaruh pada tepi agak dasar mangkok, dan topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie. Porsi mie ayam bisa dikatakan jumbo karena hampir memenuhi isi mangkok. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran agak besar, tidak bergelombang, dan pendek-pendek. Bakmi tersebut dibuat sendiri oleh pemilik warung mie ayam. Dilihat secara sekilas mienya terlihat seperti terlalu matang (overcook) namun setelah dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong dadu, berukuran agak kecil, dan dipisah dari tulang ayam. Potongan daun sawi hujau jumlahnya standar namun tidak terkesan pelit. Kuahnya berwarna agak kecoklatan karena bercampur dengan kuah dari topping ayam. Cita rasa yang ditawarkan dari sajian mie ayam di Warung Mie Ayam pak Jo cenderung gurih dengan kombinasi rasa manis dan asin yang berimbang. Bumbu rempah yang digunakan cukup terasa namun tidak berlebihan. Bagi saya pribadi ada kemiripan rasa dengan sajian mei ayam yang pernah saya cicipi di Warung Mie Ayam Barokah Tridadi Sleman

Hal paling utama yang membuat heran dan kagum pada Warung Mie Ayam Pak Jo sebenarnya adalah harga menu makanan yang sangat murah. Harga menu mie ayam dengan porsi yang dapat dikatakan jumbo ini hanya 1/3 dari harga mie ayam porsi jumbo yang dijual di sekitar Bantul bahkan kota Yogyakarta. Untuk sementara ini harga mie ayam di warung ini dapat dikatakan paling murah se Bantul dan Yogyakarta. Namun mie ayam dengan harga super murah seperti warung ini juga pernah saya cicipi di daerah Klaten dimana warung tersebut bernama Mie Ayam Pak Suro Klaten. Hanya saja porsi mie ayam di warung tersebut tidak sebanyak di warung mie ayam milik Pak Jo ini.  Secara keseluruhan Warung Mie Ayam Pak Jo perlu disambangi untuk membuktikan cita rasa, porsi, dan harganya yang super murah. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

Mie Ayam : Rp 3.000,-

Es Jeruk/Teh : Rp 2.000,-

*update 18 Februari 2018*

Penilaian Menu Mie Ayam Pak Jo
  • 7.2/10
    Mie Ayam - 7.2/10
7.2/10
INFORMASI
Warung Mie Ayam Pak Jo
RT 09, dusun Tangkilan, desa Sumbermulyo, kecamatan Bambanglipuro, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 08.00 s/d 18.00 WIB

Kirim pendapat