Mie Ayam Pak Itok, Nostalgia Mie Ayam Pojok Muha Yogyakarta

Mie Ayam Pak Itok, Nostalgia Mie Ayam Pojok Muha Yogyakarta
3 (60%) 2 votes

Mie Ayam Pak Itok Pojok Muha merupakan warung mie ayam kakilima yang cukup legendaris bagi kalangan pelajar khususnya siswa yang pernah sekolah di SMA Muha atau Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Keberadaan warung ini konon sudah ada lebih dari 2 dekade tahun yang lalu.

Mie Ayam Pak Itok Pojok Muha terletak di Jalan Cendana II, kelurahan Semaki, kecamatan Umbulharjo, kota Yogyakarta.

Lokasi Warung Mie Ayam Pak Itok Pojok Muha berada di sebelah timur SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta (Muha). Pada perempatan selatan SMA Muha, ambil jalan ke timur dan posisi warung berada di sisi kiri jalan atau utara jalan. Kendaraan pengunjung dapat diparkir di tepi jalan karena warung ini tidak menyediakan tempat parkir. Menu makanan yang ditawarkan warung ini antara lain mie ayam pangsit, mie ayam bakso, dan bakso komplit.

Penyajian mie ayam pangsit di Warung Mie Ayam Pak Itok Pojok Muha menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam terdiri dari mie, topping ayam, potongan sawi rebus, taburan irisan daun bawang, dan satu potong pangsit goreng. Porsi mie ayam bisa dibilang biasa atau standar porsi mie ayam pada umumnya. Bakmi atau mie yang digunakan merupakan mie yang dibuat sendiri dengan ukuran tanggung dan bentuk tidak bergelombang. Mie yang digunakan cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong agak berbentuk dadu, berukuran sedang, dan dipisah dari tulang ayam. Potongan daun sawi hijaunya agak terlalu kecil dan jumlahnya sedikit. Kuahnya berwarna bening karena kuah topping ayam yang tidak pekat dan porsi kuahnya cukup banyak hingga memenuhi isi mangkok.

Cita rasa sajian mie ayam pangsit di Warung Mie Ayam Pak Itok Pojok Muha di dominasi rasa gurih, asin, dan segar. Bumbu mie ayam yang digunakan terasa ringan atau tidak pekat seperti mie ayam Jawa yang sering kita nikmati. Bagi saya pribadi ada kemiripan rasa dengan Mie Ayam Pak Kliwon utara SMA Negeri 1 Yogyakarta dan Mie Ayam Pak Waldi di daerah Condongcatur. Hanya saja nilai tambah sajian mie ayam ini ada menu mie ayam yang lebih komplit yaitu mie ayam bakso. Harga yang ditawarkan cukup murah dan nyaman dikantong para pelajar karena berjualan di dekat area sekolahan. Secara keseluruhan warung mie ayam ini lebih ke arah nostalgia untuk orang-orang yang pernah menjalani studi di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

text judul

Mie Ayam Pangsit : Rp 8.000,-

*update 27 Juli 2017*

INFORMASI
Mie Ayam Pak Itok Pojok Muha
Jl. Cendana II, kelurahan Semaki, kecamatan Umbulharjo, kota Yogyakarta

Jam Buka
Senin s/d Sabtu mulai pukul 09.00 s/d 16.00 WIB
Minggu Libur

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Pondok Jeruk:

    Memang banyak warung kaki lima yang enak sekali rasanya dan tidak kalah sama restorant.

Kirim pendapat