Mie Ayam Pak Eko Sedogan, Antara Mie Ayam Kuah dan Mie Ayam Goreng

Mie Ayam Pak Eko Sedogan, Antara Mie Ayam Kuah dan Mie Ayam Goreng
3.5 (70%) 2 votes

Mie Ayam Pak Eko atau dikenal dengan nama Mie Ayam Pak Eko Sedogan merupakan salah satu warung penjual mie ayam di sekitar Tempel Sleman. Keberadaan warung mie ayam ini cukup dikenal bagi penikmat sajian mie ayam yang ada di sekitarnya. Menu andalan warung ini adalah mie ayam kuah dan mie ayam goreng.

Mie Ayam Pak Eko terletak di dusun Sedogan, desa Lumbungrejo, kecamatan Tempel, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55552.

Lokasi Warung Mie Ayam Pak Eko berada di sebelah timur laut dari kawasan Pasar Tempel Sleman. Rute menuju warung mie ayam ini dari Pasar Tempel ke arah Turi dengan melewati Jalan Raya Tempel-Turi. Saat menemui perempatan yang terdapat lampu lalulintasnya ambil jalan ke kiri. Ikuti jalan tersebut sejauh 200 meter dan posisi warung mie ayam berada di sisi kiri jalan.

Penyajian menu mie ayam jumbo rebus/kuah di Warung Mie Ayam Pak Eko menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam jumbo terdiri dari mie, topping ayam, dan potongan sawi rebus. Porsi jumbo bisa dibilang porsi satu setengah kali lipat dibandingkan dengan porsi biasa dan terlihat memenuhi isi mangkok.. Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus ditaruh pada tepi agak dasar mangkok, dan topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran tanggung, agak bergelombang, dan mie tersebut dibuat sendiri. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang cukup pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong suwir, berukuran besar, dan terpisah dari tulang ayam. Potongan daun sawi hijau jumlahnya standar. Cita rasa sajian mie ayam jumbo di Warung Mie Ayam Pak Eko cenderung gurih dengan rasa sedikit asin dan manis yang berimbang. Bagi saya pribadi ada kemiripan rasa dengan sajian Mie Ayam Pak Pendek Kotagede dan Mie Ayam Pak Tarno depan ISI.

Penyajian menu mie ayam goreng di Warung Mie Ayam Pak Eko menggunakan piring oval datar berwarna hijau daun seperti yang biasa digunakan pada warung pecel lele modern. Dalam satu porsi mie ayam goreng terdiri dari mie, topping ayam, potongan sawi hijau rebus, taburan bawang goreng, dan acar mentimun. Mie atau bakmi yang digunakan sama seperti mie ayam rebus dimana direbus terlebih dahulu kemudian digoreng dengan bumbu. Cita rasa sajian mie ayam goreng didominasi rasa manis dan gurih seperti mie ayam Jawa tanpa menggunakan kuah. Bumbunya cukup terasa meskipun tidak berasa tajam dimulut. Bagi saya pribadi cita rasa manisnya cukup pas dan tidak berlebih seperti Mie Ayam Goreng Mekaton yang akhir-akhir ini sedikit mengecewakan cita rasanya.

Harga makanan dan minuman yang ditawarkan cukup terjangkau dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. Sedikit saran bila memesan mintalah mie yang direbus jangan terlalu matang. Secara keseluruhan Warung Mie Ayam Pak Eko dapat menjadi salah satu pilihan bersantap hidangan mie ayam kuah/rebus dan mie ayam goreng di sekitar Tempel Sleman. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Mie Ayam Pak Eko
  • 7.5/10
    Mie Ayam Kuah - 7.5/10
  • 7.7/10
    Mie Ayam Goreng - 7.7/10
7.6/10
INFORMASI
Mie Ayam Pak Eko
Dusun Sedogan, desa Lumbungrejo, kecamatan Tempel, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55552

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 12.00 s/d 22.00 WIB
Hari Jumat Libur

Kirim pendapat