Mie Ayam Pak Djum Bantul, Makan Mie Ayam Sambil Melihat Kereta Api Melintas

Mie Ayam Pak Djum Bantul, Makan Mie Ayam Sambil Melihat Kereta Api Melintas
3 (60%) 1 vote

Mie Ayam Pak Djum merupakan salah satu warung mie ayam yang berada di pinggir lintasan rel kereta api. Dari dalam warung ini cukup terdengar jelas kereta api yang melintas karena jaraknya hanya beberapa meter. Bila ingin menikmati mie ayam sambil melihat kereta api bisa menikmatinya di luar warung dengan menggunakan bangku yang dibawa ke luar dari dalam warung.

Mie Ayam Pak Djum terletak di Jalan Sukun, Gang Anggrek, desa Jaranan, kecamatan Banguntapan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi Warung Mie Ayam Pak Djum berada di samping perlintasan rel kereta api desa Jaranan tepatnya di Jalan Sukun. Rute menuju warung mie ayam ini paling mudah dari perempatan jalan kecil Jogja Expo Center ke arah utara hingga menemui perempatan kecil yang terdapat Mie Ayam Sawah dan Es Tape. Ikuti jalan ke arah utara hingga tiba di perlintasan kereta api. Posisi warung mie ayam ini berada di timur jalan atau kanan jalan tepat setelah melewati rel kereta api.

Penyajian menu mie ayam di Warung Mie Ayam Pak Djum menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam terdiri dari mie, topping ayam, potongan sawi rebus, dan satu potong pangsit goreng. Porsinya bisa dibilang porsi standar untuk ukuran sajian mie ayam jawa. Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus ditaruh pada tepi agak dasar mangkok, topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie, dan potongan pangsit goreng berada paling atas. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran agak kecil dan bergelombang. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang cukup pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong dadu tidak rata, berukuran agak besar, dan bercampur tulang ayam. Potongan daun sawi hijau jumlahnya standar.

Cita rasa sajian mie ayam di Warung Mie Ayam Pak Djum cenderung gurih dengan rasa sedikit asin dan manis. Bila diamati cita rasa asin lebih kuat daripada cita rasa manis. Bumbu yang digunakan terasa cukup ringan dan tidak berasa rempah seperti mie ayam khas Bantul pada umumnya. Bagi saya pribadi ada kemiripan cita rasa bumbu dengan Mie Ayam Pak Pendek yang berada di Lapangan Karang Kotagede. Penggunaan monosodium glutamat (MSG) masih dalam batas normal meskipun cukup terasa dilidah. Harga yang ditawarkan tergolong standar untuk ukuran harga mie ayam di pinggir kota Yogyakarta dan Bantul. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU
  • Mie Ayam : Rp 8.000,-
Penilaian Menu Mie Ayam Pak Djum
  • 6.9/10
    Mie Ayam - 6.9/10
6.9/10
INFORMASI
Mie Ayam Pak Djum
Jl. Sukun, Gang Anggrek, desa Jaranan, kecamatan Banguntapan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 11.00 s/d 22.00 WIB (habis)

Kirim pendapat