Mie Ayam Pak De, Mie Ayam Bercita Rasa Desa Di Tempuran Magelang

Mie Ayam Pak De, Mie Ayam Bercita Rasa Desa Di Tempuran Magelang
4 (80%) 1 vote

Mie Ayam Pak De merupakan salah satu penjual mie ayam dan bakso di daerah Tempuran Magelang. Keberadaannya cukup dikenal karena dekat dengan area pasar, pelayanan kesehatan, dan pondok pesantren. Menu yang ditawarkan antara lain mie ayam, mie ayam bakso, dan bakso sapi.

Mie Ayam Pak De terletak di Jalan Punduh, dusun Sidomukti 2, desa Sidoagung, kecamatan Tempuran, kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56161

 

Lokasi Warung Mie Ayam Pak De berada di seberang Puskemas Tempuran. Rute menuju warung mie ayam ini dari Jalan Magelang-Purworejo tepatnya di Pasar Jambu (Punduh) masuk ke dalam gang perkampungan penduduk sejauh 50 meter dan posisi warung mie ayam berada di kiri jalan. Penyajian menu mie ayam bakso jumbo di Warung Mie Ayam Pak De menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam bakso terdiri dari mie, potongan sawi rebus, topping daging ayam, dan 1 (satu) buah bakso sapi berukuran tanggung. Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus ditaruh pada tepi agak dasar mangkok, topping daging ayam diletakkan pada bagian tengah, dan bakso sapi diletakkan pada tepi mangkok. Porsi mie ayam bisa dibilang standar porsi mie ayam pada umumnya. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran tanggung, panjang, berbentuk seperti tabung, dan tidak bergelombang. Saat dicicipi mie terasa lembut dan sedikit kenyal dengan tingkat kematangan yang pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong dadu, berukuran sedang, dan dipisah dari tulang ayam. Potongan daun sawi hujau jumlahnya standar namun tidak terkesan pelit. Kuahnya terlihat bening kekuningan bercampur dengan kuah topping ayam yang encer.

Cita rasa yang ditawarkan sajian mie ayam bakso jumbo di Warung Mie Ayam Pak De cenderung gurih dan sedikit manis mirip seperti sajian mie ayam di sekitar utara kota Yogyakarta dan daerah Sleman.  Berbeda dengan beberapa warung mie ayam yang pernah saya kunjungi di Magelang seperti Warung Mie Ayam Boga Ody yang lebih bercita rasa gurih asin khas daerah Jawa Utara atau pantura. Penggunaan monosodium glutamat (MSG) atau penyedap rasa buatan tidak terlalu berasa karena lebih mengedepankan bumbu topping. Untuk cita rasa baksonya sendiri cukup menarik dan cukup terasa dagng sapinya. Harga sajian mie ayam yang ditawarkan tergolong standar dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Mie Ayam Pak De
  • 7.4/10
    Mie Ayam - 7.4/10
  • 7.5/10
    Mie Ayam Bakso Jumbo - 7.5/10
7.5/10

Kirim pendapat