Sajian Mie Ayam Om Karman Bantul Dengan Extra Daun Loncang

Sajian Mie Ayam Om Karman Bantul Dengan Extra Daun Loncang
3.8 (75%) 4 votes

Mie Ayam Om Karman merupakan daya tarik kuliner mie ayam khas Wonogiri di daerah Cepit yang menghubungkan antara Jalan Bantul dengan Jalan Parangtritis. Keberadaan warung mie ayam ini cukup dikenal dan telah membuka cabang di beberapa tempat di sekitar Bantul. Menu utama yang ditawarkan adalah mie ayam dan bakso sapi.

Mie Ayam Om Karman terletak di Jalan Cepit-Tembi, desa Pendowoharjo, kecamatan Sewon, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta 55186.

Lokasi Mie Ayam Om Karman berada di sebelah timur dari pertigaan Cepit Jalan Bantul. Rute termudah dari kota Yogyakarta ke arah selatan dengan melewati Jalan Bantul. Saat tiba di pertigaan Cepit ambil jalan ke kiri dan ikuti jalan sejauh 400 meter. Posisi warung mie ayam berada di utara jalan atau kiri jalan. Area parkir yang disediakan hanya untuk kendaraan beroda dua saja dan ada petugas parkir yang mengatur parkir pengunjung agar rai dan tidak menganggu lalulintas jalan didepannya.

Penyajian Mie Ayam Bakso di Warung Mie Ayam Om Karman menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam bakso terdiri dari mie, topping ayam, potongan sawi rebus, dan tiga buah bakso sapi. Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus ditaruh pada tepi agak dasar mangkok, topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie, dan tiga buah bakso sapi diletakkan pada bagian tepi. Hidangan pendamping yang disediakan untuk menikmati mie ayam ada bakso goreng dan potongan daun bawang atau loncang.

Porsi Mie Ayam Bakso di Warung Mie Ayam Om Karman terlihat biasa atau standar porsi mie ayam pada umumnya. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran tanggung dengan bentuk agak bergelombang. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong agak berbentuk dadu tanpa bercampur dengan tulang ayam. Mie yang digunakan cukup kenyal dengan tingkatan kematangan yang pas. Kuahnya terlihat bening kecoklatan karena kuah toppingnya yang encer. Bakso sapi yang menjadi pelengkap hidangan mie ayam terasa kenyal dan cukup berasa daging sapinya. Cita rasa yang ditawarkan cenderung manis dan gurih khas mie ayam Jawa. Bumbu rempahnya cukup terasa meskipun berasa halus dan encer. Hanya saja penggunaan kecap manis cukup terasa pada topping meskipun saat mencicipinya belum menambahkan kecap manis botol. Bagi sebagian orang mungkin cita rasa kecap manis pada bumbu topping kurang disukai.

Warung Mie Ayam Om Karman cukup direkomendasikan bagi penikmat mie ayam yang hobi menambahkan daun bawang atau daun loncang pada sajian mie ayam. Pengunjung bebas mengambil potongan daun bawang yang disediakan di mangkok. Selain itu daya tarik bakso goreng juga tidak kalah menarik karena teksturnya empuk, renyah, dan berasa gurih. Bagi saya pribadi, bakso goreng yang ditawarkan lebih enak dan empuk dibandingkan bakso goreng yang ditawarkan Warung Mie Ayam Sopo Nyono daerah Yonif 403 Sleman. Harga yang ditawarkan Warung Mie Ayam Om Karman cukup terjangkau dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

Mie Ayam : Rp 8.000,-

Mie Ayam Bakso : Rp 12.000,-

CABANG
  • Mie Ayam Om Karman 2. Jl. Cepit-Tembi, desa Pendowoharjo, kecamatan Sewon, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta 55186
  • Mie Ayam Om Karman 3. Jl. Bakulan Imogiri, Sumberagung, Jetis, Bantul, DI Yogyakarta 5578
INFORMASI
Mie Ayam Om Karman
Jl. Cepit-Tembi, desa Pendowoharjo, kecamatan Sewon, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta 55186

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 09.00 s/d 17.00 WIB

Kirim pendapat