Mie Ayam Om Kabul, Selatan Bangjo Dongkelan Bantul

Mie Ayam Om Kabul merupakan salah satu warung penjual mie ayam di tpi Jalan Bantul yang dekat dengan perempatan ringroad Dongkelan. Keberadaannya cukup dikenal lama oleh para penikmat hidangan mie ayam. Menu yang ditawarka dan satu-satunya adalah mie ayam tanpa ada variasi pilihan yang lain.

Warung Mie Ayam Om Kabul beralamat di Jalan Bantul, dusun Dongkelan, desa Panggungharjo, kecamatan Sewon, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi Warung Mie Ayam Om Kabul berada di tepi Jalan Bantul. Rute enuju warung ini dari perempatan lampu lalu lintas Ringroad Selatan-Dongkelan, ambil jalan ke selatan sejauh 100 meter. Posisi warung ini tepat berada di salah satu cabang Waroeng Steak & Shake. Area parkir yang disediakan hanya untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor saja.

Penyajian menu mie ayam di Warung Mie Ayam Om Kabul menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam terdiri dari mie, topping ayam, dan potongan sawi rebus. Porsinya bisa dibilang porsi agak banyak atau mirip seperti porsi jumbo untuk ukuran sajian mie ayam jawa. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran agak kecil, pipih, dan panjang lebih mirip seperti mie yang digunakan pada sajian mie ayam Jakarta. Menampilan mienya tampak agak bening seperti kematangan walaupun sebenarnya proses pemasakan cukup. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal, agak kaku dengan tingkat kematangan yang cukup pas. Karakter mie seperti ini pernah saya temui ketika mencicipi sajian mie ayam di Warung Mie Ayam Lempar Cak Uji di barat peempatan Taman Siswa sisi selatan. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong dadu tidak rata, berukuran sedang, dan tidak bercampur tulang ayam. Potongan daun sawi hijau jumlahnya standar.

Cita rasa sajian mie ayam di Warung Mie Ayam Om Kabul cenderung gurih dengan rasa sedikit asin. Tidak ada cita rasa manis seperti cita rasa mie ayam yang dijual di sekitar Bantul. Cita rasa semacam ini hampir sama seperti sajian Mie Ayam Tunggal Rasa Pak Slamet yang juga berada di tepi Jalan Bantul. Harga yang ditawarkan tergolong standar untuk ukuran harga mie ayam di tepi jalan utama menuju kota Bantul. Alternatif warung mie ayam dengan cita rasa cenderung manis dapat mencoba ke salah satu cabang Warung Mie Ayam Mas Kribo yang ada di sebelah tenggara atau timurnya. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Warung Mie Ayam Om Kabul
Jl. Bantul, dusun Dongkelan, desa Panggungharjo, kecamatan Sewon, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 08.00 s./d 20.00 WIB

Kirim pendapat