Mie Ayam Ngudiroso Pak Wadi, Blusukan Mie Ayam Di Kotagede

Mie Ayam Ngudiroso Pak Wadi, Blusukan Mie Ayam Di Kotagede
3.2 (64%) 5 vote[s]

Mie Ayam Ngudiroso merupakan daya tarik kuliner di daerah perkampungan penduduk Kotagede Yogyakarta. Warung yang diusahakan oleh Pak Wadi ini cukup dikenal nama Mie Ayam Ledok karena berada di kampung Ledok. Menu utama yang ditawarkan warung ini adalah mie ayam bakso dengan tambahan daging tetelan sapi.

Mie Ayam dan Bakso Ngudiroso Pak Wadi Ledok beralamat di Jalan Masjid Besar, Ledok, Rt 41 Rw 10 kelurahan Purbayan, kecamatan Kotagede, kota Yogyakarta 55173

Lokasi Mie Ayam Ngudiroso berada di tengah-tengah perkampungan penduduk Kotagede Yogyakarta. Rute menuju warung ini dari Pasar Legi Kotagede ke arah selatan menuju ke arah Situs Watu Gilang dan Watu Gateng hingga menemui tikungan atau belokan jalan aspal ke kiri. Pilih jalan ke kanan melewati gang perkampungan penduduk dimana sisi selatan tersebut merupakan tembok Komplek Makam Hastorenggo Kotagede. Jalan perkampungan tersebut hanya selebar kurang dari 2 meter dan hanya boleh dilalui kendaraan roda dua saja. Ikuti jalan perkampungan penduduk yang dilapisi paving bebatuan kondisi sedikit menurun hingga menemui sebuah masjid. Pilihlah jalan ke arah kanan kondisi menanjak dan posisi warung berada di sebelah kanan jalan sebelum pertigaan jalan.

Penyajian mie ayam bakso tetelan di Warung Mie Ayam Ngudiroso Kotagede disajikan diatas mangkok putih bergambar ayam jago seperti penyajian mie ayam Jawa pada umumnya. Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus ditaruh pada tepi agak dasar mangkok, topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie, tiga bola bakso diletakkan pada bagian tepi, dan terakhir tetelan tulang sapi diletakkan pada bagian atas. Hal yang menarik di warung mie ayam ini adalah keberadaan tetelan tulang sapi yang jarang ditemukan di warung mie ayam lain.

Baca Juga  Lesehan SOS, Favorit Santri Ponpes Krapyak Yogyakarta

Porsi mie ayam bakso tetelan di Warung Mie Ayam Ngudiroso Pak Wadi tergolong pas atau bisa dikatakan tidak kurang dan tidak lebih. Bakmi atau mie berukuran tanggung dengan bentuk tidak bergelombang. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong agak berbentuk dadu tanpa bercampur dengan tulang ayam. Kuahnya terlihat berwarna kekuningan dan tidak berwarna coklat pekat seperti mie ayam Jawa pada umumnya. Mie yang digunakan cukup kenyal dengan tingkatan kematangan yang pas. Bakso sapi yang menjadi pelengkap hidangan mie ayam terasa kenyal namun terasa banyak campuran tepungnya. Potongan tetelan sapi yang disertakan cukup empuk dan tidak alot saat dikunyah.

Cita rasa sajian mie ayam bakso tetelan yang ditawarkan cenderung asin dan gurih. Hanya saja bagi saya pribadi cita rasa asinnya terlalu berlebih. Dugaan saya pemilik warung kadang kurang teliti dalam meracik mie ayam atau bisa saja kuah yang digunakan adalah kuah bakso yang sudah bercita rasa asin. Sedikit saran ketika memesan mie ayam di warung ini meminta jangan menggunakan garam dan penyedap rasa tambahan. Alternatif lain menikmati mie ayam tetelan di sekitar Yogyakarta yang cukup direkomendasikan adalah mie ayam tetelan di Warung Mie Ayam Nariyo utara pohon beringin Jogja Expo Center. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan harga standar mie ayam di sekitar Kotagede Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Bekas Bong China Di Yogyakarta

DAFTAR MENU

  • Bakso : Rp 8.000,-
  • Mie Ayam : Rp 7.000,-
  • Mie Ayam Bakso : Rp 9.000,-
  • Mie Ayam Bakso Tetelan : Rp 12.000,-

*update Februari 2017*

Penilaian Menu Warung Mie Ayam Ngudiroso
  • 6.8/10
    Mie Ayam - 6.8/10
  • 7/10
    Mie Ayam Bakso - 7/10
  • 7.1/10
    Mie Ayam Bakso Tetelan - 7.1/10
7/10
INFORMASI
Mie Ayam dan Bakso Ngudiroso Pak Wadi
Jl. Masjid Besar, Ledok, Rt 41 Rw 10 Purbayan, Kotagede, Yogyakarta 55173

Jam Buka
Setiap hari

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Dhanang Sukmana Adi:

    mie ayam itu termasuk makanan favoritku, apalagi mie dikasih bakso yang dagingnya empuk nan original mas..semoga yang jualan mie ayam semakin laris dan semakin istimewa :)

    • admin:

      Hi Dhanang Sukmana Adi,
      Aminn mas semoga selalu laris :-)

  2. Aji Sukma:

    Yaampun, nemu aja mas… Hahahaa lucu jg sih mie ayam pake tetelan sapi. Jd penasaran pengin coba

Kirim pendapat