Mie Ayam Miroso Yogyakarta dan Banyaknya Variasi Menu Yang Menggoda Lidah

Mie Ayam Miroso Yogyakarta dan Banyaknya Variasi Menu Yang Menggoda Lidah
3.3 (65%) 4 votes

Mie Ayam Miroso merupakan warung penjual mie ayam yang berada di tepi Kali Mambu Yogyakarta. Keberadaan warung ini telah ada lebih dari satu setengah dekade atau tepatnya berdiri pada kisaran tahun 2003. Variasi menu mie ayam yang ditawarkan cukup lengkap menjadi daya tarik utama warung mie ayam ini.

Warung Mie Ayam Miroso Lek Giar terletak di Jalan Batikan No. 48, kelurahan Pandeyan, kecamatan Umbulharjo, kota Yogyakarta

Lokasi Mie Ayam Miroso berada di tepi Kali Mambu yang menghubungkan antara Jalan Sultan Agung dengan Jalan Menteri Supeno. Rute dari pusat kota Yogyakarta melewati jalan Sultan Agung hingga tiba di persimpangan jalan selokan atau Kali Mambu. Ambil jalan ke kanan atau ke selatan menyusuri aliran Kali Mamu. Posisi warung mie ayam berada di sebuah pertigaa dimana ke arah timr atau arah kiri menuju ke arah Pandeyan atau Umbulrjo. Area parkir yang disediakan cukup terbatas untuk kendaraan roda dua saja dan jumlahnya pun hanya mampu menampung sekitar 10 (sepuluh) sepeda motor saja.

Penyajian menu mie ayam bakso di Warung Mie Ayam Miroso menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam bakso terdiri dari mie, topping ayam, potongan sawi rebus, dan 1 (satu) bakso sapi. Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus ditaruh pada tepi agak dasar mangkok, topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie, dan bakso sapi diletakkan pada bagian tepi mangkok. Porsi mie ayam bisa dibilang standar porsi mie ayam pada umumnya namun cukup mengenyangkan. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran agak kecil dan bentuk sedikit bergelombang. Menurut informasi pemilik warung membuat mie tersebut sendiri secara manual. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong dadu, berukuran sedang, dan dipisah dari tulang ayam. Potongan daun sawi hujau jumlahnya standar namun tidak terkesan pelit. Kuahnya terlihat agak kecoklatan karena kuah toppingnya yang encer namun berwarna coklat pekat.

Cita rasa yang ditawarkan sajian mie ayam bakso di Warung Mie Ayam Miroso cenderung manis. Bagi saya pribadi cita rasanya terlalu manis dibandingkan rasa manis yang normal pada sajian mie ayam pada umumnya. Setelah saya perhatian, bumbu yang digunakan untuk meracik mie ayam sudah menggunakan kecap manis dan ini terlihat ketika pertama kali mencicipi kuahnya. Penggunaan bumbu mie ayam dengan kecap manis sudah pernah saya rasakan ketika menyantap hidangan mie ayam di Warung Mie Ayam Om Karman Bantul dan Warung Mie Ayam Om Heri Palagan Sleman. Penikmat mie ayam yang kurang menyukai rasa manis sebaiknya tidak ke tempat ini dan disarankan memilih tempat lain. Harga yang ditawarkan Warung Mie Ayam Miroso sedikit lebih mahal untuk ukuran harga mie ayam di warung tepi jalan sekitar Yogyakarta namun sebanding dengan cita rasa penikmat mie ayam yang suka rasa manis. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

Mie Ayam : Rp 9.000,-

Mie Ayam Bakso : Rp 12.000,-

Mie Ayam Kepala : Rp 12.000,-

Mie Ayam Paha : Rp 12.000,-

Mie Ayam Ceker : Rp 12.000,-

Mie Bakso : Rp 10.000,-

Mie Kepala ; Rp 10.000,-

Mie Paha : Rp 10.000,-

Mie Ceker : Rp 10.000,-

Mie Kuah : Rp 7.000,-

*update 15 Februari 2018*

INFORMASI
Mie Ayam Miroso Jl. Batikan No. 48, kelurahan Pandeyan, kecamatan Umbulharjo, kota Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

Kirim pendapat