Mie Ayam Mbah Pelo, Sajian Mie Ayam Balungan Di Palbapang Bantul

Mie Ayam Mbah Pelo, Sajian Mie Ayam Balungan Di Palbapang Bantul
4.3 (85.71%) 7 votes

Mie Ayam Mbah Pelo merupakan salah satu warung penjual hidangan mie ayam dan bakso di sekitar Palbapang Bantul. Keberadaannya cukup dikenal oleh para pecinta kuliner mie ayam karena kekhasan rasa dan penyajiannya. Warung ini buka menjelang siang hari hingga malam hari.

Mie Ayam Mbah Pelo Anjagaddewo terletak di Jalan K.H. Wachid Hasyim, dusun Sumuran, desa Palbapang, kecamatan Bantul, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi Warung Mie Ayam Mbah Pelo berada di tepi Jalan KH. Wachid Hasyim yang menjadi salah satu lalulintas utama kota Bantul. Posisi warung ini berada di sebelah utara simpangan Palbapang Bantul dan berada di tepi jalan yang sedikit menikung. Warung ini berukuran kecil sehingga sering terlewatkan bila baru pertama kali menuju ke tempat ini.

Penyajian mie ayam bakso disajikan diatas mangkok putih bergambar ayam jago seperti penyajian mie ayam Jawa pada umumnya. Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus ditaruh pada tepi agak dasar mangkok, topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie, tiga bola bakso diletakkan pada bagian tepi, dan terakhir balungan ayam diletakkan pada bagian atas. Hal yang menarik di warung mie ayam ini adalah keberadaan balungan ayam yang jarang ditemukan di sajian mie ayam pada umumnya. Bagi saya sendiri mengingatkan pada sajian Soto Balungan Ayam di Warung Soto Simbok Maguwoharjo Sleman.

Porsi mie ayam bakso di Warung Mie Ayam Mbah Pelo tergolong pas atau bisa dikatakan tidak kurang dan tidak lebih. Bakmi atau mie berukuran tanggung dengan bentuk tidak bergelombang. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong agak berbentuk dadu tanpa bercampur dengan tulang ayam. Saat dikunyah mie terasa kenyal, lembut, dan lunak namun karakternya kurang mampu menyerap bumbu dari mie ayam. Cita rasa yang ditawarkan cenderung agak manis dan gurih khas mie ayam Jawa atau mie ayam Wonogiri. Bagi pecinta kuliner mie ayam Jawa, cita rasa seperti inilah yang mereka cari. Kekurangannya potongan daun sawi hijau agak terlalu matang dan jumlahnya agak pelit atau kurang banyak.

Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan standar harga mie ayam di sekitar kota Bantul. Secara keseluruhan Mie Ayam Mbah Pelo Anjagaddewo dapat menjadi salah satu pilihan bersantap mie ayam di sekitar kota Bantul. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

Bakso Biasa : Rp 8.000,-

Bakso Jumbo : Rp 10.000,-

Mie Ayam : Rp 7.000,-

Mie Ayam Bakso : Rp 11.000,-

*update harga Februari 2017*

Kirim pendapat