Mie Ayam Matahari Dan Cerita Warung Sate Babi Pertama Di Jogja

Mie Ayam Matahari merupakan daya tarik kuliner mie ayam di sekitar Malioboro dan Kampung Pecinan Ketandan. Kabarnya warung mie ayam ini berdiri pada kisaran tahun 1960-an namun sempat beralih menu menjadi warung khusus yang menjual sate babi. Pada waktu itu, warung milik seorang China keturunan bernama Riyanto ini menjadi warung pertama yang menjual sate babi di Yogyakarta. Warung Sate Babi pada saat itu hanya buka pada malam hari saja dan pada pagi harinya berjualan di Pasar Pathuk.

Mie Ayam Matahari beralamat di Jalan Ketandan Kulon No. 5, kelurahan Ngupasan, kecamatan Gondomanan, kota Yogyakarta 55122.

Sekitar 2 (dua) dekade tahun lalu atau 20 tahun lalu, pemilik warung ingin kembali berjualan mie ayam. Alasan utamanya untuk meneruskan usaha yang dirintis sejak awal. Pada awalnya warung ini menjual dua menu utama yaitu mie ayam dan sate babi. Namun beberapa tahun lalu pemilik warung menghentikan usaha sate babi dan hanya menjual mie ayam saja hingga saat ini.

Lokasi Warung Mie Ayam Matahari berada di kawasan Kampung Ketandan yang terkenal sebagai kawasan pecinan di sekitar Malioboro Yogyakarta. Posisi warung mie ayam ini berada di sebelah utara Ramayana Departement Store Malioboro Selatan. Warung ini menempati bangunan sempit yang kurang terawat. Padahal bila dilihat dari segi historisnya bangunan tersebut merupakan bangunan peranakan (China keturunan) yang sudah lama berdiri kawasan pecinan. Warung mie ayam ini tidak menyediakan area parkir dan bila pengunjung membawa kendaraan dapat memarkir di sekitar kawasan Ketandan.

Baca Juga  Loko Coffee Shop, Tempat Ngopi Asik Di Sudut Utara Malioboro Yogyakarta

Menu makanan yang ditawarkan Warung Mie Ayam Matahari tergolong standar dimana warung ini menawarkan menu mie ayam polos, mie ayam pangsit, mie ayam bakso, mie ayam komplit, bakso sapi, nasi goreng, dan magelangan. Menurut informasi dari penjualnya, seluruh makanan yang dijualnya halal dan tidak ada menu daging babi atau menu makanan haram.

Penyajian menu mie ayam pangsit di Warung Mie Ayam Matahari sama seperti penyajian mie ayam Jakarta atau mie ayam oriental/chinnese pada umumnya dimana antara kuah dengan mie dipisah. Dalam satu porsi mie ayam terdiri dari 2 (dua) mangkuk. Mangkuk pertama berisi mie, topping ayam, potongan sawi rebus. Mangkuk kedua berisi kuah dengan 2 (dua) potong pangsit rebus. Kecap asin, kecap manis, sambal, dan bubuk lada disediakan di setiap meja makan. Pada mangkuk, mie atau bakmi ditaruh paling dasar, diatasnya ditaruh potongan sawi hijau rebus, dan topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas. Bakmi atau mie yang digunakan berbentuk keriting, berukuran kecil, dan agak kering berminyak. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang cukup pas. Bagi saya pribadi ukuran mie yang digunakan mirip seperti yammie seperti Yammie Pathuk dan Yammie Panda. Menurut informasi penjual, mie yang digunakan dibikin sendiri dan selalu segar setiap harinya.

Cita rasa sajian mie ayam pangsit di Warung Mie Ayam Matahari cenderung gurih dengan rasa condong ke arah asin. Bumbunya cukup pas dan terasa menyatu dengan mie meski disantap dengan kuah terpisah. Penggunaan monosodium glutamat (MSG) tidak berasa dan lebih terasa kaldu ayam sebagai pengganti penyedap rasa buatan. bagi saya pribadi sajian mie ayam di warung ini cukup berkarakter dan memiliki daya tarik yang berbeda dengan mie ayam oriental kebanyakan. Pangsit rebus sendiri tergolong biasa dan terlalu lunak. Saya lebih suka pangsit rebus yang ditawarkan Yammie Pathuk dimana tingkat keempukan dan kematangan cukup pas. Harga yang ditawarkan tergolong mahal untuk ukuran warung makan. Secara keseluruhan Warung Mie Ayam Matahari dapat menjadi salah satu pilihan bersantap mie ayam oriental di sekitar Malioboro sisi selatan dan kawasan pecinan Ketandan Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU
  • Mie Ayam Polos : Rp 15.000,-
  • Mie Ayam Bakso : Rp 23.000,-
  • Mie Ayam Pangsit : Rp 23.000,-
  • Mie Ayam Komplit : Rp 26.000,-
  • Bakso Campur : Rp 19.000,-
  • Bakso Pangsit : Rp 16.000,-
  • Pangsit Kuah : Rp 16.000,-
  • Nasi Goreng Telur : Rp 13.500,-
  • Nasi Goreng Bakso : Rp 18.000,-
  • Nasi Goreng Komplit : Rp 23.000,-
Baca Juga  Mie Ayam Pak Giyanto, Yang Patut Dicoba Di Sekitar Pabelan Sukoharjo

*update 10 November 2019*

User Review
( votes)
INFORMASI
Mie Ayam Matahari
Jl. Ketandan Kulon No. 5, kelurahan Ngupasan, kecamatan Gondomanan, kota Yogyakarta 55122

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 09.00 s/d 16.00 WIB

Kirim pendapat