Mie Ayam Mas Dito, Tersembunyi Di Daerah Bugisan Selatan

Mie Ayam Mas Dito merupakan salah satu warung penjual mie ayam yang berada di daerah Bugisan Yogyakarta. Keberadaan warung mie ayam ini kurang dikenal dan lebih dikenal dengan warung angkringan yang berada dalam satu lokasi. Keuntungannya kita menemukan beranekamacam menu dalam satu warung yaitu mie ayam, angkringan, dan warung nasi makan.

Mie Ayam Mas Dito beralamat di Jalan Jaya Darma, desa Tirtonirmolo, kecamatan Kasihan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi Warung Mie Ayam Mas Dito berada di tengah-tengah pemukiman penduduk dan satu bangunan dengan Angkringan Mas Dito. Rute termudah menuju warung ini melewati Jalan Bugisan Selatan kemudian masuk gang ke arah barat pada SMA negeri 1 Kasihan Bantul. Pada sebuah pertigaan kecil ambil jalan ke kiri atau ke arah selatan. Ikuti jalan tersebut hingga menemui persimpangan jalan dan posisi warung tersebut berada di sisi kiri jalan. Area parkir yang disediakan hanya untuk kendaraan roda dua saja.

Penyajian mie ayam ceker di Warung Mie Ayam Mas Dito menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam ceker terdiri dari mie, topping ayam, potongan sawi rebus, dan ceker ayam. Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus ditaruh pada tepi agak dasar mangkok, topping potongan daging ayam dan ceker ayam diletakkan pada bagian atas mie. Porsi mie ayam bisa dibilang standar porsi mie ayam pada umumnya namun cukup mengenyangkan. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran agak kecil dan bentuk agak bergelombang. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong dadu, berukuran sedang, dan bercampur dengan tulang ayam. Potongan daun sawi hijau jumlahnya standar namun tidak terkesan pelit. Kuah mienya terlihat agak bening kecoklatan karena kuah toppingnya yang encer. Untuk ceker ayam sendiri bumbunya cukup meresap ke dalam tulangnya dan cita rasa manisnya pas di mulut.

Baca Juga  Tradisi Rasulan di Kampung Nusantara Jelok

Cita rasa yang ditawarkan sajian mie ayam di Warung Mie Ayam Mas Dito cenderung manis dan sedikit gurih khas mie ayam Jawa. Cukup jarang menemukan mie ayam cita rasa Jawa yang manis pada malam hari dimana di sekitar Yogyakarta didominasi Mie Ayam Jakarta dengan cita rasa gurih dan asin. Penggunaan monosodium glutamat (MSG) masih dalam batas normal meskipun cukup terasa dilidah. Harga yang ditawarkan tergolong standar untuk harga sajian mie ayam di sekitar Yogyakarta. Kekurangan dari warung ini adalah stok mie ayam tidak menentu dimana kadang tersedia hingga tengah malam dan kadang sudah habis lebih awal. Secara keseluruhan Warung Mie Ayam mas Dito dapat mejadi salah satu pilihan bersantap mie ayam pada sore hari hingga malam hari dengan cita rasa manis. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

Mie Ayam : Rp 8.000,-

*update 5 Mei 2018*

Penilaian Menu Mie Ayam Mas Dito
Overall
7.4/10
7.4/10
  • Mie Ayam - 7.3/10
    7.3/10
  • Mie Ayam Ceker - 7.5/10
    7.5/10
INFORMASI
Mie Ayam Mas Dito
Jalan Jaya Darma, desa Tirtonirmolo, kecamatan Kasihan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 15.00 s/d habis

Kirim pendapat