Mie Ayam Mas Aries, Sajian Mie Ayam Di Dekat Pura Jagatnatha Bantul

Mie Ayam Mas Aries, Sajian Mie Ayam Di Dekat Pura Jagatnatha Bantul
3 (60%) 2 votes

Mie Ayam Mas Aries merupakan salah satu penjual mie ayam yang letaknya tidak jauh dari Pura Jagatnatha Banguntapan Yogyakarta. Keberadaan warung mie ayam ini sudah cukup lama dikenal dan sebenarnya lebih lama dibandingkan Warung Mie Ayam Pak Pendek yang letaknya tidak jauh di sebelah selatan dari warung ini. Menu utama yang ditawarkan warung mie ayam ini adalah sajian mie aym, bakso, dan kombinasi dari kedua menu tersebut.

Warung Mie Ayam Mas Aries (Aris) beralamat di Jalan Pura No. 22B, desa Plumbon, kecamatan Banguntapan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi Mie Ayam Mas Aries berada di dekat Pura Jagatnatha Banguntapan Bantul. Rute menuju warung mie ayam ini dari permpatan Gedong Kuning ke utara melewati Jalan Janti dan menemui pertigaan pohon beringin. Ikuti jalan lurus yang menyempit kecil hingga tiba pada sebuah pertigaan. Ambil jalan ke arah kiri atau arah barat hingga menemui sebuah pertigaan. Belok ke utara atau ke kanan dan posisi warung mie ayam ini terlihat di sisi kiri jalan. Area parkir yang disediakan terbatas pada kendaraan roda dua saja. Sementara ini belum ada petugas parkir di warung mie ayam ini.

Penyajian menu mie ayam di Warung Mie Ayam Mas Aries menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam bakso terdiri dari mie, topping ayam, dan potongan sawi rebus. Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus ditaruh pada tepi agak dasar mangkok, dan topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie. Sedangkan beberapa potong pangsit goreng diletakkan sendiri pada mangkok terpisah. Porsi mie ayam bisa dibilang standar porsi mie ayam pada umumnya namun cukup mengenyangkan. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran agak kecil dan bentuk tidak bergelombang. Saat dicicipi mienya terasa cukup agak kenyal namun terasa agak kaku. Saya pikir hal tersebut disebabkan karena bahan penyusun mie atau proses pemasakan mie kurang matang. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong dadu, berukuran agak besar, dan bercampur dengan tulang ayam. Potongan daun sawi hijau jumlahnya standar namun tidak terkesan pelit. Kuahnya terlihat agak kecoklatan karena kuah toppingnya yang encer seperti topping mie ayam khas Wonogiri.

Cita rasa yang ditawarkan sajian mie ayam di Warung Mie Ayam Mas Aries cenderung gurih dan sedikit manis. Mirip seperti sajian mie ayam khas Wonogiri tanpa adanya irisan daun loncang dan taburan bawang goreng. Hanya saja bumbu penyusun mie ayam yang dicampurkan kurang meresap atau kurang bisa menyatu pada mienya. Bagi saya pribadi ada kemiripan cita rasa dengan Mie Ayam Bakso Pak Nariyo yang ada di sebelah timurnya. Penggunaan monosodium glutamat (MSG) masih dalam batas normal meskipun cukup terasa dilidah. Harga yang ditawarkan tergolong standar untuk harga mie ayam di sekitar Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

Mie Ayam : Rp 8.000,-

*update 2 April 2018*

Penilaian Menu Mie Ayam Mas Aries
  • 6.8/10
    Mie Ayam - 6.8/10
6.8/10
INFORMASI
Warung Mie Ayam Mas Aries
Jl. Pura No. 22B, desa Plumbon, kecamatan Banguntapan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hairi mulai pukul 10.00 s/d 16.00 WIB

Kirim pendapat