Mie Ayam Mansur Bersaudara Salah Satu Legenda Kuliner Mie Ayam Di Kebumen

Mie Ayam Mansur Bersaudara Salah Satu Legenda Kuliner Mie Ayam Di Kebumen
4 (80%) 1 vote

Mie Ayam Mansur Bersaudara merupakan salah satu penjual hidangan mie ayam yang cukup legendaris di kota Kebumen Jawa Tengah. Keberadaan warung mie ayam ini telah ada lebih dari 3 (tiga) dekade tahun yang lalu dan masih bertahan hingga saat ini. Pada awal warung Mie Ayam Mansur Bersaudara ini berdiri, warung mie ayam ini menempati kios semi permanen dimana dalam satu deret kios terdapat banyak penjual mie ayam. Seiring berjalanannya waktu, warung mie ayam lain tersebut satu demi satu gulung tikar dan saat ini hanya tersisa warung mie ayam ini saja.

Mie Ayam Mansur Bersaudara beralamat di Jalan Jend. Ahmad Yani No. 65, kecamatan Kebumen, kabupaten Kebumen.

Lokasi Warung Mie Ayam Mansur Bersaudara berada di tepi salah satu jalan utama di kota Kebumen. Letaknya berada di seberang bekas Terminal Bus Kebumen yang sekarang diubah menjadi Taman Kota HM. Sarbini. Rute termudah menu warung mie ayam ini dari Tugu Lawet Kebumen ke arah timur sejauh 700 meter dan posisi warung mie ayam berada di sisi kanan jalan. Area parkir yang disediakan terbatas untuk kendaraan roda dua saja sedangakn pembeli yang membawa kendaraan roda empat disarankan parkir di tepi jalan. Menu utama yang ditawarkan warung ini adalah mie ayam dan bakso sapi.

Penyajian menu mie ayam di Warung Mie Ayam Mansur Bersaudara menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam bakso terdiri dari mie, potongan sawi hijau rebus, topping ayam, dan taburan bawang goreng. Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus ditaruh pada tepi agak dasar mangkok, dan topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie., dan taburan bawang goreng diletakkan pada bagian paling atas. Porsi mie ayam bisa dibilang porsi jumbo karena bakminya cukup banyak dan memenuhi isi mangkok. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran besar-besar dan sedikit bergelombang. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dan masih nyaman untuk dikunyah. Sepertinya pemilik warung mie ayam masih membuat bakminya sendiri untuk menjaga sajian mie ayam yang telah dijualnya agar sama seperti dulu kala ketika pertama kali membuka warung mie ayam. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong suwir pendek dan sedikit bercampur dengan tulang ayam. Potongan daun sawi hijau rebusnya cukup banyak dengan tingkat kematangan yang pas. Kuahnya berwarna kekuningan karena bercampur dengan kuah topping ayam.

Cita rasa yang ditawarkan dalam sajian mie ayam di Warung Mie Ayam Masur Bersaudara cenderung gurih dengan rasa asin dan manis yang berimbang. Rempah-rempah yang digunakan cukup terasa namun tidak terasa pekat. Penggunaan monosodium glutamat (MSG) atau penyedap rasa buatan tidak terlalu berasa karena lebih mengedepankan bumbu topping. Bila diperhatikan bumbunya memiliki kemiripan dengan bumbu mie ayam khas Jawa Tengah bagian tengah khususnya daerah Kedu. Harga yang ditawarkan tergolong standar harga mie ayam di sekitar kota Kebumen dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

Mie Ayam : Rp 10.000,-

*update 14 Mei 2018*

INFORMASI
Mie Ayam Mansur Bersaudara
Jl. Jend. Ahmad Yani No. 65, kecamatan Kebumen, kabupaten Kebumen

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 10.00 s/d 20.00 WIB

Kirim pendapat