Mie Ayam Lempar Cak Uji, Atraksi Unik Mie Terbang Ketika Merebus Mie

Mie Ayam Lempar Cak Uji, Atraksi Unik Mie Terbang Ketika Merebus Mie
2.8 (55%) 4 vote[s]

Mie Ayam Lempar Cak Uji merupakan salah satu warung mie ayam yang cukup dan lain daripada yang lain dimana menampilkan atraksi melempar mie ke udara ketika memasak atau merebus mie. Warung ini konon telah berdiri sejak tahun 1991 dan bertahan hingga saat ini. Pemiliknya bernama Cak Uji memang pandai menyajikan atraksi melempar mie untuk menarik minat pengunjung untuk mampir dan mencicipi sajian mie ayamnya,

Warung Mie Ayam Lempar Cak Uji beralamat di Jalan Kolonel Sugiyono No. 99, kelurahan Wirogunan, kecamatan Mergangsan, kota Yogyakarta 55151.

Lokasi Warung Mie Ayam Lempar Cak Uji brada di sebelah barat perempatan Tunggak atau perempatan Jalan Taman Siswa sisi selatan. Area parkir yang disediakan hanya untuk kendaraan roda dua saja atau hanya untuk sepda motor. Kendaraan roda empat tidak dapat parkir di warung ini karena tidak ada area parkir dan kendaraan tidak dapat diparkir di tepi jalan yang dekat dengan lampulalu lintas. Menu yang ditawarkan warung ini adalah mie ayam Jawa, bukan mie ayam Jakarta yang biasa dijual pada sore atau malam hari.

Penyajian menu mie ayam di Warung Mie Ayam Lempar Cak Uji menggunakan mangkok tanggung yang kadang digunakan pada warung soto atau sop. Dalam satu porsi mie ayam terdiri dari mie, topping ayam, potongan sawi rebus, dan pangsit goreng. Porsinya bisa dibilang porsi standar untuk ukuran sajian mie ayam jawa. Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus dan topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie, serta potongan pangsit goreng disisipkan pada bagian tepi.

Bakmi atau mie yang digunakan berukuran agak kecil, pipih, dan panjang lebih mirip seperti mie yang digunakan pada sajian mie ayam Jakarta. Menampilan mienya tampak agak bening seperti kematangan walaupun sebenarnya proses pemasakan cukup. Sepertinya pemilik warung mie ayam ini membuat adonan mie sendiri atau tidak membeli bahan mie yang sudah jadi. Saat dicicipi mienya terasa agak kenyal, lembut, dan bertekstur basah seperti agak kematangan. Sedikit saran mungkin memesan mienya jangan dimasak terlalu matang atau meminta setengah matang saja.

Baca Juga  Gardu Pandang Gunung Merapi di Bukit Glagahsari atau Bukit Klangon Sleman

Topping daging ayam yang disajikan terlihat melimpah dengan potongan daging bernetuk dadi, agak besar, dan kadang bercampur dengan tulang ayam. Bumbunya cukup meresap meskipun bumbu topping yang digunakan cukup ringan. Potongan sawi rebus yang disajikan cukup melimpah dan cocok bagi penikmat mie ayam yang suka dengan sawi rebus yang banyak. Cita rasa sajian mie ayam di Warung Mie Ayam Pak Man cenderung gurih dengan rasa sedikit manis dan asin. Bumbu mie ayam terasa ringan, tidak berasa rempah, namun berbeda dengan mie ayam Jakarta. Bagi saya pribadi ada kemiripan rasa dengan sajian mie ayam di Warung Mie Ayam Pak Slamet di daerah Samirono Yogyakarta. Harga yang ditawarkan tergolong murah untuk sajian mie ayam Jawa atau mie ayam yang buka pada sore hingga malam hari. Secara keseluruhan warung ini dapat menjadi salah satu pilihan bersantap mie ayam jawa pada sore atau malam hari dengan hiburan tambahan berupa atraks melempar mie saat merebus mie oleh pemilik warung. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Mie Ayam Cak Uji
  • 6.7/10
    Mie Ayam - 6.7/10
6.7/10
INFORMASI
Mie Ayam Lempar Cak Uji
Jl. Kolonel Sugiyono No. 99, kelurahan Wirogunan, kecamatan Mergangsan, kota Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 19.00 s/d 23.00 WIB

Kirim pendapat