Mie Ayam Kalong Yogyakarta, Buka Dari Malam Hingga Pagi

Mie Ayam Kalong merupakan salah satu warung mie ayam yang buka waktu malam hingga menjelang pagi di sekitar kota Yogyakarta. Keberadaannya cukup dikenal karena saat ini masih jarang warung mie ayam yang buka hingga larut malam. Menu yang ditawarkan warung ini cukup lengkap dengan tambahan bakso hingga ceker ayam.

Mie Ayam Kalong terletak di Jalan Kadipaten Kidul, kelurahan Patehan, kecamatan Kraton, Yogyakarta 55132.

Lokasi Mie Ayam Kalong berada di sebelah barat dari Plaza Ngasem utara Istana Air Taman Sari yang dulu terkenal dengan kawasan Pasar Ngasem. Area parkir menggunakan area tepi jalan diseberang warung mie ayam. Tempat duduk yang disediakan berupa lesehan  di dalam bangunan rumah dan berjajar di trotoar jalan. Menu mie ayam yang ditawarkan antara lain mie ayam pangsit, mie ayam pangsit bakso, mie ayam pangsit ceker, dan mie ayam pangsit bakso ceker.

Penyajian menu mie ayam pangsit disajikan di Warung Mie Ayam Kalong disajikan dengan piring putih bergambar jago. Antara mie dengan kuah disajikan dalam satu mangkok seperti mie ayam Jawa pada umumnya. Pada semangkok mie terdiri dari bakmi atau mie, potongan daun sawi hijau rebus, topping daging ayam, pangsit goreng kecil-kecil, dan beberapa potong acar. Bakmi yang digunakan berukuran tanggung atau lebih kecil dibandingkan bakmi yang digunakan pada mie ayam Jawa dan lebih besar bila dibandingkan dengan bakmi yang digunakan pada mie ayam Jakarta.

Baca Juga  Kirab Gethek Kyai Song di Sungai Bedog

Cita rasa yang ditawarkan sajian Warung Mie Ayam Kalong kombinasi rasa gurih dan sedikit asin. Saya tidak menemukan cita rasa manis pada sajian mie ayam Jawa ini. Karakteristik rasa semacam ini cenderung condong pada cita rasa mie ayam Malang. Berdasarkan pengalaman saya, cita rasa dan kemasannya ada kemiripan dengan Mie Ayam Pak Udin yang berada di Jalan Godean Yogyakarta atau Mie Ayam di Bakso Balungan Pak Granat yang ada di sebelah baratnya. Untuk rekomendasi, saya pribadi saya lebih memilih membeli mie ayam Jakarta sekalian atau Mie Ayam Grabyas Red Door yang buka mulai tengah malam. Secara keseluruhan Warung Mie Ayam Kalong dapat menjadi salah satu alternatif pilihan bersantap mie ayam pada malam hari, dini hari, hingga menjelang pagi. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Mie Ayam Kalong
  • 6.7/10
    Mie Ayam Pangsit - 6.7/10
6.7/10
INFORMASI
Mie Ayam Kalong
Jl. Kadipaten Kidul, kelurahan Patehan, kecamatan Kraton, Yogyakarta 55132

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 19.00 s/d 03.00 WIB

Kirim pendapat